Analisis Tanggung Jawab Manajemen Travel Haji Dan Umrah Terhadap Calon Jemaah Menurut Akad Ijãrah Bi Al ‘Amal

Danya Maharani, 160102162 (2020) Analisis Tanggung Jawab Manajemen Travel Haji Dan Umrah Terhadap Calon Jemaah Menurut Akad Ijãrah Bi Al ‘Amal. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis tanggung jawab manajemen travel haji dan umrah terhadap calon jemaah menurut akad Ijãrah Bi Al ‘Amal]
Preview
Text (Analisis tanggung jawab manajemen travel haji dan umrah terhadap calon jemaah menurut akad Ijãrah Bi Al ‘Amal)
Danya Maharani, 160102162, FSH, HES, 082360307882.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tanggung jawab manajemen yang diberikan oleh pihak pihak biro yaitu dengan cara memberikan pelayanan sesuai dengan paket yang telah dipilih oleh calon jemaah, untuk itu antara pihak biro penyelenggara dengan calon jemaah haji dan umrah perlu diketahui bagaimana bentuk perjanjian pemberangkatan calon jemaah umrah yang dibuat oleh pihak manajemen travel, bagaimana tanggung jawab manajemen travel terhadap realisasi pemberangkatan calon jemaah, dan bagaimana pandangan akad Ijãrah atas tanggung jawab manajemen travel dalam penanganan pemberangkatan calon jemaah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis berdasarkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak perusahaan travel yang mencakup tentang perjanjian dan realisasi tanggung jawab. Hasil penelitian yang menunjukan perjanjian yang dibuat oleh pihak perusaahaan travel dengan jemaah menggunakan perjanjian lisan dan surat kuasa, pihak perusahaan mulai bertanggung jawab sejak calon jemaah sudah membayar down payment (DP) sampai jemaah sudah tiba di tanah air. Perspektif akad Ijãrah Bi Al ‘Amal Jasa travel yang dilakukan pengusaha sesuai dengan konsep Ijãrah Bi Al ‘Amal dalam fiqh muamalah, dan juga sudah memenuhi Rukun dan Syarat.Jasa travel bermanfaat bagi masyarakat rukun yang ada dalam Ijãrah Bi Al ‘Amal, dimana mu’ajjir memberikan jasa kepada musta’jir dengan sebaik-baiknya. Oleh pihak jemaah, mereka pun membayar ujrah karena upah menjadi salah satu yang terpenting dalam transaksi Ijãrah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr Husni Mubarrak, Lc, MA Pembimbing II : Azka Amalia Jihad, SHI.,M.E.I
Uncontrolled Keywords: Manajemen,Travel, Calon Jemaah,Ijãrah Bi Al ‘Amal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Danya Maharani
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:32
Last Modified: 07 Jan 2021 03:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15302

Actions (login required)

View Item
View Item