Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungi Di SMAN 2 Kluet Utara

Dessy Aswida F, 140207097 (2019) Penggunaan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungi Di SMAN 2 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Metode Mind Mapping]
Preview
Text (Penggunaan Metode Mind Mapping)
Desi Aswida F, 140207097, FTK, PBL, 082281218293.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sebagai proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreativitas peserta didik yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pembelajzdaran. Kurangnya kreativitas dan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah penerapan metode yang kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi fungi di SMA Negeri 2 Kluet Utara. Rancangan penelitian ini menggunakan pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X SMA Negeri 2 Kluet Utara yang terdiri dari 4 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1. Pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kreativitas siswa dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data kreativitas menggunakan rumus persentase, sedangkan analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian kreativitas siswa kelas X-1 SMA Negeri 2 Kluet Utara menggunakan mind mapping pada materi fungi termasuk kriteria sangat kreatif yaitu 84 % dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai pre-test 30,6 dan nilai post-test 82. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 24,8 dengan t-tabel = 1,73 (thitung= 24,8 >t-tabel= 1,73) sehingga diterima Ha: terdapat peningkatanhasilbelajarsiswakelas X-1 SMAN 2 Kluet Utara dengan menggunakan mind mapping pada materi fungi. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi fungi kelas X-1 dengan menggunakan metode mind mapping.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurasiah, S.Pd.I 2. Nafisah Hanim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Kreativitas, Hasil belajardan Fungi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Dessy Aswida F
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:57
Last Modified: 07 Jan 2021 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15308

Actions (login required)

View Item
View Item