Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Memasuki Dunia Kerja Di SMK Negeri 2 Bener Meriah

Dedi Putra Gayo, 150813098 (2020) Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Memasuki Dunia Kerja Di SMK Negeri 2 Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Memasuki Dunia Kerja Di SMK Negeri 2 Bener Meriah]
Preview
Text (Membahas Tentang Implementasi Layanan Bimbingan Karir Dalam Memasuki Dunia Kerja Di SMK Negeri 2 Bener Meriah)
Dedi Putra Gayo, 150213098, FTK, PBK, 085262740889.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB) | Preview

Abstract

Implementasi adalah secara sederhana dapat di artikan sebagai pelaksanaan atau penerapan. Bimbingan karir adalah proses pemberian bantuan konselor atau guru bimbingan dan konseling kepada siswa/konseli. Dunia kerja merupakan dunia tempat sekumpulan individu dalam melakukan suatu aktifitas kerja, baik di dalam perusahaan maupun organisasi. Fenomena yang terjadi dikalangan siswa saat ini ialah bahwa ketidaksiapan siswa dalam memasuki dunia kerja juga terjadi pada siswa SMA/SMK seperti yang terjadi pada siswa saat ini, banyak dari siswa yang sudah tamat dari satuan pendidikan yang tidak mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan yang di pelajari di sekolah, Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi layanan bimbingan karir dalam memasuki dunia kerja di SMK Negeri 2 Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan karir terhadap kesiapan dunia kerja di SMK Negeri 2 Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dewan guru di sekolah SMK Negeri 2 Bener Meriah. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Hasil wawancara peneliti dengan guru BK dapat disimpulkan dimana guru BK selalu memberikan informasi-infomasi kepada siswa menggunakan beberapa metode layanan yang salah satunya yaitu layanan bimbingan karir, layanan yang diberikan berisikan tentang perguruan tinggi maupun dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Dedi putra Gayo Dedi
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:21
Last Modified: 11 Jan 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15316

Actions (login required)

View Item
View Item