Analisis Praktik Gadai Tanah (Studi Komparatif antara Tradisi Masyarakat Gampong Ie Alang Dayah Kuta Cot Glie Aceh Besar dengan PT. Pegadaian Syariah Cabang Keutapang)

Syahrul Maulidin, 140603118 (2019) Analisis Praktik Gadai Tanah (Studi Komparatif antara Tradisi Masyarakat Gampong Ie Alang Dayah Kuta Cot Glie Aceh Besar dengan PT. Pegadaian Syariah Cabang Keutapang). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Praktik Gadai Tanah (Studi Komparatif antara Tradisi Masyarakat Gampong Ie Alang Dayah Kuta Cot Glie Aceh Besar    dengan PT. Pegadaian Syariah Cabang Keutapang)]
Preview
Text (Analisis Praktik Gadai Tanah (Studi Komparatif antara Tradisi Masyarakat Gampong Ie Alang Dayah Kuta Cot Glie Aceh Besar dengan PT. Pegadaian Syariah Cabang Keutapang))
Syarul Maulidin, 140603118, FEBI, PS, 08526182934.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membedakan praktik Gadai antara PT. Pegadaian Syariah Cabang Keutapang dengan Tradisi Masyarakat Gampong Ie Alang Dayah Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Data penelitian ini menggunakan Metode Analisis Kualitatif Komparatif yang memuat perbandingan praktik gadai tanah dengan menggunakan metode pengumpulan data secara wawancara, Studi Perpustakaan, dan Observasi. Praktik gadai tanah ini sudah lama di praktikkan dikalangan masyarakat, tetapi praktik gadai tanah yang bersyariah baru pada tahun 2003 di resmikan di Aceh salah satunya cabang Keutapang. Praktik yang biasa berlaku dikalangan masyarakat Ie Alang Dayah yakni dengan cara rahin yang menggadaiakan tanahnya kepada murtahin dan murtahin yang akan memberikan sejumlah uang kepada rahin. Berbeda dengan pegadaian pada PT. Pegadaian Syariah yang mendatangi Badan Pegadaian untuk menggadaikan tanahnya yang kemudian harus mengikuti prosedur yang berlaku sebagai syarat awal proses pegadaian. Sehingga menjadi pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat yang cenderung lebih gampang mengadaiakan tanah kepada masyarakat itu sendiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ayumiati, SE. M.Si Pembimbing II : Isnaliana S. H.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Rahn Tasjily, Praktik, Pegadaian Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.23 Perjanjian (Termasuk Gadai)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Syarul Maulidin
Date Deposited: 08 Jan 2021 03:47
Last Modified: 08 Jan 2021 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15326

Actions (login required)

View Item
View Item