Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh

Raudhatul Muna, 150201051 (2020) Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh]
Preview
Text (Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh)
Raudhatul Muna, 150201051, FTK, PAI, 082161849985.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Strategi guru merupakan komponen penting dalam sistem pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan dapat tercapai dengan baik. Akan tetapi kenyataannya pelaksanaan strategi guru dalam mengajarkan PAI belum memadai dengan apa yang diharapkan. Adapun rumusan masalahnya (1) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan minat belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh? (2) Apa yang menjadi faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat belajar PAI? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi siswa, wawancara dengan guru bidang studi, serta angket siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh bahwa pada tahap observasi awal, hasil pengamatan terhadap peserta didik hanya 40% dari 26 siswa dikelas XI MIPA 4 SMAN 8 Banda Aceh yang mempunyai minat kurang pada pelajaran PAI, dan ini masih berada dibawah rata-rata, pada siklus I sudah menunjukkan peningkatan yaitu mencapai 69,4% Dan pada siklus II ini sudah banyak menunjukkan adanya peningkatan dari minat peserta didik yakni hasil angket peserta didik sudah menunjukkan nilai positif, sedangkan hasil observasinya sudah mencapai 86,1% dan ini sudah bisa dikatakan berhasil karena sudah melebihi dari indikator ketercapaian yang sudah ditentukan yakni mencapai 75%. Dapat disimpulkan penerapan strategi Learning Cycle dengan model Number Head Together terhadap pelajaran PAI dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik. Dan yang menjadi faktor penghambat guru dalam menumbuhkan minat belajar PAI antara lain yaitu, faktor kemampuan siswa yang berbeda-beda, tidak fokusnya siswa saat belajar, dan kurangnya pengawasan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah M. Husein, M.Ag Pembimbing II : Abdul Haris Hasmar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Minat Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Raudhatul Muna
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:12
Last Modified: 11 Jan 2021 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15329

Actions (login required)

View Item
View Item