Penggunaan Model Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh

Indah Raiyani, 150201050 (2020) Penggunaan Model Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img] Text (Penggunaan Model Index Card Match Dalam Peningkatan Hasil Belajar PAI di SMAN 8 Banda Aceh)
ABSTRAK,K.PENGANTAR,D.ISI,D. TABEL, D.LAMPIRAN SKRIPSI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan keterbatasan guru dalam penggunaan model pembelajaran yang bervariasi sehingga mengakibatkan siswa kurang aktif ketika proses belajar mengajar berlangsung dan berdampak pada hasil belajar PAI. Model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti adalah Model Index Card Match dimana model ini bisa membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar, Yang menjadi pertanyaan peneliti adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dalam pelaksanaan model Index Card Match dalam pembelajaran PAI di kelas XI MIPA I di SMAN 8 Banda Aceh? (2) Bagaimna aktivitas siswa dalam penggunaan Model Index Card Match dalam pembelajaran PAI dikelas XI MIPA I di SMAN 8 Banda Aceh? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Index Card Match pada pembelajaran PAI dikelas XI MIPA I di SMAN 8 Banda Aceh? Penelitian ini merupakan penelitian (PTK) yang dilakukan (2) dua Siklus. Data penelitian yang diperoleh dengan hasil observasi yang meggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas guru pada Siklus I adalah 72 menjadi meningkat pada siklus II 89,7. (2) aktivitas siswa dari siklus I adalah 70, menjadi meningkat pada siklus IIyaitu 95,8 (3) Hasil belajar siswa pada siklus I setelah dilakukan pre-test adalah 62,2 dan pada post test adalah 75,4 dan pada soal post test siklus II 88,2. Berdasarkan hasil peenelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Index Card Match dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar dan juga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kelas XI MIPA 1 di SMAN 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Mustabsyirah M. Husen, M.Ag Pembimbing II : Dr. Zulfatmi S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Model Index Card Match, Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Raiyani Indah
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:15
Last Modified: 11 Jan 2021 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15330

Actions (login required)

View Item View Item
TOP