Perlindungan hukum terhadap satwa liar (studi konflik gajah dengan manusia di aceh timur) menurut hukum pidana islam

Safrizal, 141310211 (2020) Perlindungan hukum terhadap satwa liar (studi konflik gajah dengan manusia di aceh timur) menurut hukum pidana islam. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Perlindungan Hukum Terhadap Satwa Gajah Dari Konflik Dengan Manusia Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam  (Studi Kasus Aceh Timur)]
Preview
Text (Membahas tentang Perlindungan Hukum Terhadap Satwa Gajah Dari Konflik Dengan Manusia Ditinjau Dari Hukum Pidana Islam (Studi Kasus Aceh Timur))
Safrizal, 141310211, FSH, HPI, 082370396474.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Konflik satwa gajah dan manusia merupakan salah satu ancaman yang dapat mengakibatkan menurunnya populasi gajah di Aceh Timur, dimana konflik tersebut dipicu dari perebutan kawasan terbatas mulai dari ahli fungsi lahan, deporestasi, peningkatan area perkebunan, dan ilegal loging. Akibat dari itu kawanan gajah tersebut memasuki area lahan yang digunakan masyarakat sehingga terjadilah konflik antara satwa gajah dan manusia di Aceh Timur. Dari latar belakang tersebut melahirkan dua rumusan masalah yaitu, bagaimanakah upaya perlindungan hukum terhadap gajah dari konflik dengan manusia di Aceh Timur dan bagaimana ketentuan hukum Islam terhadap upaya penanggulangan konflik satwa gajah di Aceh Timur. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, teknik pengumpulan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perlindungan hukum terhadap satwa gajah di Aceh Timur telah diupayakan oleh BKSDA ACEH dan Aparat Penegak Hukum dengan melakukan perlindungan hukum dengan menindak seorang pelaku yang telah terbukti melakukan pembunuhan terhadap satwa gajah di Aceh Timur, serta upaya-upaya lain seperti melakukan penanggulangan dengan melakukan sosialisai pendidikan kepada masyarkat disekitar kawasan CRU Serbajadi, dan upaya-upaya lainya seperti penggiringan kawanan gajah dalam hal melakukan perlindungan terhadap satwa gajah terhindar dari konflik. Sedangkan ketentuan hukum Islam Terhadap perlindungan hukum terhadap satwa gajah menggunakan metode ta’zir, yaitu hukuman yang diputuskan oleh kebijakan pemerintah terhadap para pelaku yang tidak ada hukuman secara tegas dijalaskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Safrijal Safrijal
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:16
Last Modified: 11 Jan 2021 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15334

Actions (login required)

View Item
View Item