Peran Dinas Pendidikan Dayah Dalam Pembinaan Dayah Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan

Husnil Kamal, 150403079 (2020) Peran Dinas Pendidikan Dayah Dalam Pembinaan Dayah Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Peran Dinas Pendidikan Dayah Dalam Pembinaan Dayah Di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan)
Husnil Kamal, 150403079, FDK, MD, 082277935538.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran Dinas Pendidikan Dayah dalam pembinaan dayah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia baik tenaga pengajar maupun santri, permasalahan dalam meningkatkan SDM tersebut dipengaruhi oleh keterbatasan sarana prasaran dan pendukung lainnya. Oleh karena itu kajian ini bertujuan untuk mengetahui peran Dinas Pendidikan Dayah dalam pembinaan dayah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dan Kendala Dinas Pendidikan Dayah dalam pembinaan dayah di Kecamatan kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari pihak Dinas Pendidikan Dayah, pimpinan dayah, pengurus dayah, tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa peran Dinas Pendidikan Dayah dalam pembinaan dayah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan dilakukan dengan pembinaan tenaga pengajar dayah agar memiliki kompetensi dalam menjalankan kurikulum dayah secara baik yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pihak dinas. Selain itu pembinaan juga dilakukan terhadap santri dengan melakukan pelatihan dan perlombaan tentang pengetahuan agama Islam seperti lomba membaca kitap, berpidato, MTQ dan kegiatan yang bernilai pendidikan agama lainnya, guna dapat meningkatkan kualitas para guru dan santri yang ada di dayah Kecamatan Kluet Utara. Kendala Dinas Pendidikan Dayah dalam pembinaan dayah di Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan bersumber dari internal berupa minimnya pendanaan dan tingkat Sumber Daya Manusia karyawan yang sebagian masih tergolong minim. Sedangkan kendala eksternal berupa kurangnya partisipasi pihak dayah dalam mengikuti berbagai kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Dayah dan minimnya partisipasi masyarakat. Kendala juga dikarenakan perhatian pihak Dinas Pendidikan Dayah dalam bidang pembangunan juga masih minim sehingga sarana pendukung keberlangsungan pendidikan di dayah tidak berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Pendidikan Dayah, Pembinaan Dayah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Depositing User: Husnil Kamal
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:16
Last Modified: 11 Jan 2021 04:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15341

Actions (login required)

View Item View Item
TOP