Layanan Konseling Keluarga Harmonis Pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Bungong Jeumpa kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh

Siti Novia, 140402080 (2019) Layanan Konseling Keluarga Harmonis Pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Bungong Jeumpa kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Layanan Konseling Keluarga Harmonis Pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Bungong Jeumpa kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh]
Preview
Text (Layanan Konseling Keluarga Harmonis Pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Bungong Jeumpa kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh)
Siti Novia, 140204080, FDK, BKI, 082272936084.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan konseling keluarga untuk mencapai keluarga harmonis yang diberikan pada Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui masalah keluarga yang sering ditemukan selama melakukan layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, (2) Mengetahui kegunaan layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, (3) Mengetahui prosedur layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, dan untuk (4) Mengetahui hasil layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi, Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Masalah keluarga yang sering ditemukan selama melakukan layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh sangat beragam, diantaranya masalah keuangan, masalah komunikasi yang kurang baik, masalah ketidakpuasan hubungan suami istri, dan masalah antara orang tua yang terlalu ikut campur dalam rumah tangga anak, (2) kegunaan dari layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh adalah untuk membantu, mengarahkan, dan menjembatani klien atau anggota keluarga yang memiliki masalah dalam rumah tangga dengan layanan konseling, yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga harmonis, (3) Prosedur layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh yaitu, pertama tahap perencanaan pertemuan. kedua, klien bertemu dengan konselor atau psikolog yang di arahkan oleh relawan. Ketiga, tahap penggalian masalah. keempat, tahap konseling anggota keluarga yang terkait. kelima, tahap konseling bersama klien dan anggota keluarga yang terkait. keenam, tahap membuat komitmen secara tertulis antara klien dan anggota keluarga yang terkait. Metode dan teknik konseling yang digunakan disesuaikan dengan permasalahan klien, dan (4) Hasil yang dicapai dari tujuan layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh adalah berhasil membantu anggota keluarga yang bermasalah menemukan jalan keluar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling keluarga harmonis pada PPKS Bungong Jeumpa kantor perwakilan BKKBN Provinsi Aceh sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Siti Novia Novia
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:36
Last Modified: 11 Jan 2021 04:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item
View Item