Pengaruh Lama Waktu Fermentasi Basah Menggunakan Ragi Terhadap Kadar Kafein Pada Kopi Arabika (Coffea Arabica L) Sebagai Referensi Materi Bioteknologi Di SMPN 13 Takengon

Randi Albar, 140207050 (2019) Pengaruh Lama Waktu Fermentasi Basah Menggunakan Ragi Terhadap Kadar Kafein Pada Kopi Arabika (Coffea Arabica L) Sebagai Referensi Materi Bioteknologi Di SMPN 13 Takengon. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Lama Waktu Fermentasi Basah Menggunakan Ragi Terhadap Kadar Kafein Pada Kopi Arabika (Coffea Arabica L) Sebagai Referensi Materi Bioteknologi Di Smpn 13 Takengon)
Randi Albar, 140204050, FTK, PBL, 082277101777.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kopi arabika (Coffea arabica L) merupakan salah jenis kopi yang tumbuh di dataran tinggi Gayo Kabupaten Aceh Tengah Provinsi Aceh. Kopi menjadi minuman yang paling banyak digemari oleh masyarakat, kebiasaan masyarakat untuk meminum kopi yang berlebihan berdampak terhadap kesehatan, maka perlu adanya pengelolaan kopi yang rendah kafein agar semua masyarakat dapat menikmati kopi. Salah satu alternatif untuk menurunkan kafein pada kopi adalah dengan cara fermentasi kopi secara basah. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung pengaruh perbedaan waktu fermentasi basah menggunakan ragi terhadap kadar kafein pada kopi arabika (Coffea arabica L) dan hasil penelitian dijadikan sebagai referensi tambahan di sekolah SMPN 13 Takengon. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor perlakuan. Faktor pertama adalah perbedaan waktu fermentasi basah dan faktor kedua adalah perbedaan jumlah ragi dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan P0 (kontrol), P1 (waktu fermentasi 24 jam dengan penambahan ragi 0,5%), P2 (waktu fermentasi 48 jam dengan penambahan ragi 1%), P3 (waktu fermentasi 72 jam dengan penambahan ragi 1,5%) dan P4 (waktu fermentasi 96 jam dengan penambahan ragi 2%). Hasil uji Analisis of Varian (ANOVA) didapatkan bahwa Fhitung [ - 11,3655] ≥ FTabel (3,48), maka cukup bukti untuk menolak H0 dan menerima Ha, sehingga terdapat pengaruh perbedaan waktu fermentasi basah menggunakan ragi terhadap kadar kafein kopi arabika (Coffea arabica L). Perlakuan yang terbaik yaitu waktu fermentasi 48 jam dengan penambahan ragi 1%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perbedaan lama waktu fermentasi mengunakan ragi berpengaruh terhadap kadar kafein pada kopi arabika (Coffea arabica L).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kopi Arabika (Coffea arabica L), Fermentasi Basah, Ragi, Kafein.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 572 Biokimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Randi Albar
Date Deposited: 12 Jan 2021 03:54
Last Modified: 12 Jan 2021 03:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15349

Actions (login required)

View Item View Item
TOP