Manajemen Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam Pelestarian Situs Wisata di Kabupaten Aceh Besar

Siti Fajar, 150403014 (2020) Manajemen Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam Pelestarian Situs Wisata di Kabupaten Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Manajemen Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam Pelestarian Situs Wisata di Kabupaten Aceh Besar)
Siti Fajar, 150403014, FDK, MD, 081360522964.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Manajemen Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh bertugas bertugas melaksanakan pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya yang berada di wilayah kerja Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, salah satunya cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Namun, sampai saat ini cagar budaya yang terdapat di Kabupaten Aceh Besar masih sangat kurang di perhatikan oleh pemerintah daerah. Seharusnya cagar budaya ini bisa di manfaatkan oleh pemerintah daerah sebagai pendapatan daerah dan bisa dijadikan tempat mata pencarian baru untuk masyarakat sekitar. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh hanya memiliki wewenang untuk melestarikan cagar budaya di Aceh salah satunya yag terdapat di Kabupaten Aceh Besar. Sedangkan yang memiliki wewenang untuk mengelola dan memanfaatkan cagar budaya tersebut pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses Pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam Pelestarian Situs Wisata di Kabupaten Aceh Besar (2) Untuk mengetahui peluang dan Tantangan apa saja dalam Pengelolaan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam pelestarian Situs Wisata di Kabupaten Aceh Besar. Dalam penulisan skripsi ini, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh dalam melestarikan situs-situs bersejarah di Kabupaten Aceh Besar dalam melestarikan Cagar Budaya di Kabupaten Aceh Besar sudah berjalan dengan bagus. Namun perhatian dari pemerintah dan masyarakat sekitar masih kurang. Seharusnya cagar budaya yang ada di Kabupaten Aceh Besar bisa dijadikan tempat penghasilan daerah dan juga bisa dijadikan sebagai tempat penghasilan masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manjememen, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Aceh, Pelestarian, dan Situs Wisata
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.401 Manajemen Operasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Fajar
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:33
Last Modified: 13 Jan 2021 04:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item
TOP