Pengaruh Konsentrasi Karaginan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) Sebagai Bahan Pengental Terhadap Kualitas Sirup Buah Pala (Myristica fragrans Houtt)

Musauwir Ikhfar, 140704013 (2019) Pengaruh Konsentrasi Karaginan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) Sebagai Bahan Pengental Terhadap Kualitas Sirup Buah Pala (Myristica fragrans Houtt). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Konsentrasi Karaginan Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii) Sebagai Bahan Pengental Terhadap Kualitas Sirup Buah Pala (Myristica fragrans Houtt))
Musauwir, 140704013, FST, KIMIA, 08116871996.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Buah pala (Myristica fragrans Houtt) merupakan salah satu rempah yang populer di Indonesia. Pala dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan seperti manisan pala, sedangkan daging buah pala dapat dibuat menjadi sirup buah pala. Sirup buah pala dapat dikentalkan dengan menambahkan karaginan. Penambahan karaginan dalam sirup buah pala dapat menjadi kental dan lebih stabil. Karaginan yang ditambahkan pada sirup buah pala diperoleh dari PT. Kappa Carrageenan Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi karaginan rumput laut merah (Eucheuma cottonii) sebagai bahan pengental terhadap kualitas sirup buah pala (Myristica fragrans Houtt) dan untuk memperoleh konsentrasi karaginan rumput laut merah (Eucheuma cottonii) yang terbaik sebagai bahan pengental terhadap kualitas sirup buah pala (Myristica fragrans Houtt). Pembuatan sirup buah pala pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode filtrasi, pemanasan, pembotolan dan pengeringan (oven). Sirup buah pala yang dihasilkan, kemudian dianalisis pH, viskositas dan penilaian organoleptik/sensori. Sirup buah pala dengan konsentrasi karaginan 0 gram diperoleh pH sebesar 3,89 dan viskositas sebesar 66,05 cP. Karaginan yang ditambahkan pada sirup buah pala dengan konsentrasi 0,50, 0,75, 1,00 dan 1,25 gram diperoleh pH sebesar 3,91, 4,11, 4,67 dan 4,83 dengan viskositas sebesar 94,10, 124,00, 188,35 dan 241,10 cP. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil yang terbaik adalah pada konsentrasi karaginan 0,75 gram dengan pH 4,11 dan viskositas 124,00 cP. Sedangkan hasil penilaian organoleptik/sensori secara deskriptif diperoleh berwarna kuning, beraroma pala, berasa manis dan bersifat kental, kemudian hasil penilaian organoleptik/sensori secara hedonik dengan keseluruhan disukai oleh panelis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsentrasi karaginan berpengaruh terhadap kualitas sirup buah pala dan diperoleh konsentrasi karaginan yang terbaik adalah pada konsentrasi 0,75 gram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mukhlis, S. Pd., M. Si. Pembimbing II : Cut Nuzlia, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Karaginan, Rumput Laut Merah (Eucheuma cottonii), BahanPengental, Organoleptik/Sensori, Kualitas, Sirup Buah Pala (Myristica fragrans Houtt)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 546 Kimia Anorganik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Musauwir Ikhfar
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:42
Last Modified: 13 Jan 2021 04:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item
TOP