Pengaruh Latar Belakang Sekolah Terhadap Kemampuan Baca Al-qur’ān Mahasiswa PAI

Arinal Fikri, 140201044 (2019) Pengaruh Latar Belakang Sekolah Terhadap Kemampuan Baca Al-qur’ān Mahasiswa PAI. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Pengaruh Latar belakang Sekolah Terhadap Kemampuan Baca Alqur'an]
Preview
Text (Membahas Tentang Pengaruh Latar belakang Sekolah Terhadap Kemampuan Baca Alqur'an)
Arinal Fikri, 140201044, FTK, PAI, 085219929282.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, mahasiswa PAI sudah seharusnya memiliki kemampuan baca al-qur’ān dengan baik dan benar, akan tetapi masih ada mahasiswa PAI yang belum mampu membaca al-qur’ān dengan baik dan benar, termasuk mahasiswa PAI yang berlatar belakang pendidikan sekolah SMA, MAN dan MAS/Pesantren. Hal ini terindikasi pada saat tes baca al-qur’ān ketika recruitment pengurus HMP PAI pada tahun 2017-2018. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa besar pengaruh latar belakang sekolah terhadap kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 mahasiswa PAI dari pengurus HMP PAI. Terdapat tiga variabel (X) dalam penelitian ini, yaitu MAN, MAS dan SMA. Adapun variabel (Y) adalah kemampuan baca al-qur’ān. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00 dalam mengolah data penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan tes baca al-qur’ān untuk variabel (X). Berdasarkan uji tes tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan regresi linear dengan menggunakan aplikasi SPSS, diperoleh nilai untuk X1 nilai t hitung = 10,161 > t tabel = 2,365, X2 nilai t hitung = 36,472 > t tabel = 2,365, X3 nilai t hitung = 34,025 > t tabel = 2,365. Artinya terdapat kemampuan yang signifikan terhadap baca al-qur’ān mahasiswa PAI yang dilihat dari latar belakang pendidikan sekolah SMA, MAN, dan MAS. Dengan nilai signifikasinya 0,025/ 0,05. Karena t hitung > t tabel, maka terima Ha dan tolak Ho. Dari tiga variabel X di atas, nilai kemampuan baca al-quran variabel X2 sedikit lebih tinggi dari nilai variabel X3, dan jauh lebih tinggi dari nilai variabel X1. Berdasarkan hasil analisis data pendukung yaitu angket dengan rumus p=f/n x 100, mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah MAN, sedikit lebih tinggi nilai kemampuan baca al-qur’ānnya daripada mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah MAS, dan jauh lebih tinggi daripada mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah SMA. Namun, kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAI, tidak hanya dipengaruhi oleh pengaruh latar belakang sekolah, tetapi juga ada pengaruh-pengaruh lain yang muncul diluar daripada sekolah, seperti yang telah tertera pada hasil angket yang tePada umumnya, mahasiswa PAI sudah seharusnya memiliki kemampuan baca al-qur’ān dengan baik dan benar, akan tetapi masih ada mahasiswa PAI yang belum mampu membaca al-qur’ān dengan baik dan benar, termasuk mahasiswa PAI yang berlatar belakang pendidikan sekolah SMA, MAN dan MAS/Pesantren. Hal ini terindikasi pada saat tes baca al-qur’ān ketika recruitment pengurus HMP PAI pada tahun 2017-2018. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka yang menjadi tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran tentang seberapa besar pengaruh latar belakang sekolah terhadap kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 27 mahasiswa PAI dari pengurus HMP PAI. Terdapat tiga variabel (X) dalam penelitian ini, yaitu MAN, MAS dan SMA. Adapun variabel (Y) adalah kemampuan baca al-qur’ān. Peneliti menggunakan bantuan program SPSS versi 20.00 dalam mengolah data penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket dan tes baca al-qur’ān untuk variabel (X). Berdasarkan uji tes tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan regresi linear dengan menggunakan aplikasi SPSS, diperoleh nilai untuk X1 nilai t hitung = 10,161 > t tabel = 2,365, X2 nilai t hitung = 36,472 > t tabel = 2,365, X3 nilai t hitung = 34,025 > t tabel = 2,365. Artinya terdapat kemampuan yang signifikan terhadap baca al-qur’ān mahasiswa PAI yang dilihat dari latar belakang pendidikan sekolah SMA, MAN, dan MAS. Dengan nilai signifikasinya 0,025/ 0,05. Karena t hitung > t tabel, maka terima Ha dan tolak Ho. Dari tiga variabel X di atas, nilai kemampuan baca al-quran variabel X2 sedikit lebih tinggi dari nilai variabel X3, dan jauh lebih tinggi dari nilai variabel X1. Berdasarkan hasil analisis data pendukung yaitu angket dengan rumus p=f/n x 100, mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah MAN, sedikit lebih tinggi nilai kemampuan baca al-qur’ānnya daripada mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah MAS, dan jauh lebih tinggi daripada mahasiswa PAI yang berlatar belakang sekolah SMA. Namun, kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAI, tidak hanya dipengaruhi oleh pengaruh latar belakang sekolah, tetapi juga ada pengaruh-pengaruh lain yang muncul diluar daripada sekolah, seperti yang telah tertera pada hasil angket yang telah di analisis sebagai data pendukung untuk memperoleh pengaruh latar belakang sekolah terhadap kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAIlah di analisis sebagai data pendukung untuk memperoleh pengaruh latar belakang sekolah terhadap kemampuan baca al-qur’ān mahasiswa PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dra. Juairiah Umar, M. Ag 2. Realita, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pengaruh latar belakang sekolah, kemampuan baca al-qur’ān.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arinal Fikri Arinal
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:23
Last Modified: 20 Jan 2021 04:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15379

Actions (login required)

View Item
View Item