Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V MIN Kuta Reuntang Meureudu Pidie Jaya

M.Kasim, 201121766 (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas V MIN Kuta Reuntang Meureudu Pidie Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
PDF GABUNG.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (678kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya nilai siswa pada pembelajaran Matematika di MIN Kuta Reuntang Pidie Jaya. Siswa tidak mencapai KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah. Hal ini terjadi karena suasana
pembelajaran sering membuat siswa merasa jenuh. Oleh karena itu peneliti berupaya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah agar terciptanya suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar siswa dengan materi “Bangun Ruang Tabung dan Bola” di kelas V MIN Kuta Reuntang Pidie Jaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik
pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa,guru dan Tes. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kuta Reuntang Pidie Jaya. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan tes yang
dilakukan dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Adapun Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan
rumus = 100% untuk memperoleh peningkatan keberhasilan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil aktivitas guru pada siklus pertama dengan nilai 73% dengan kategori baik, dan terjadi peningkatan pada siklus kedua dengan nilai 83%
dengan kategori sangat baik. Adapun selisih hasil aktivitas guru antara siklus satu dan siklus dua adalah 10%. Hasil aktivitas siswa pada siklus pertama dengan nilai 69%
dengan kategori baik dan terjadi peningkatan pada siklus kedua dengan nilai 86% dengan kategori sangat baik. Selisih aktivitas siswa antara siklus satu dan siklus dua adalah 17%. hasil belajar siswa pada siklus pertama 42% siswa yang tuntas dan 58% siswa tidak tuntas. Pada siklus kedua hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 83% siswa tuntas dan 17% siswa tidak tuntas. Berdasarkan data di atas,maka dapat diambil kesimpulan bahwa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada materi bangun ruang tabung dan bola kemampuan guru dapat meningkat, siswa lebih aktif, dan hasil belajar siswa lebih meningkat. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi guru matematika pada khususnya dan bagi bidang studi lain pada umumnya,dan dapat memicu pengajar untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs. Ridhwan M. Daud, M. Ed 2.Nida Jarmita, S. Pd.I M. Pd
Uncontrolled Keywords: Peningkatan,Bangun Ruang,Berbasis Masalah
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email mkasim510@gmail.com
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:53
Last Modified: 06 Nov 2017 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item
TOP