Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren

Rabadi, 150206013 (2019) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren. Skripsi thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan      Membahas tentang Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren]
Preview
Text (Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Membahas tentang Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren)
Rabadi, 150206013, FTK, MPI, 082275731900.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan seorang kepala sekolah sangat penting dalam keberasilan suatu organisasi. Namun dalam meningkatkan kinerja guru ada sebahagian guru diberikan tugas: tidak sesuai dengan tugas pokok, tidak membuat RPP, tidak menggunakan media pembelajaran secara efektif, dan tidak disiplin masuk mengajar karna manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru masih belum maksimal. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini adalah mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, bentuk sarana yang dapat meningkatkan kinerja guru, hambatan yang dihadapi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMA Negeri 1 Blangkejeren penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk studi kasus yang menjadi subjek penelitianya adalah kepala sekolah tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan data wawancara/interview. observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data mengunakan trigulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah terlaksana seperti: membimbing dan mengarahkan guru, menyelesaikan permasalahan, memberi pelatihan, memperbaiki manajemen administrasi. Dalam bentuk sarana yang dapat meningkatkan kinerja guru: Lab biologi, Lab Teknologi informasi, media pembelajaran, dan perpustakaan. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru: kemampuan guru belum maksimal, sarana perasana belum memadai, tenaga ahli kurang, guru kurang, dan kurang motivasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sangatlah memberikan kontribusi yang baik terhadap kemajuan kualitas pembelajaran sehingga dapat mendorong mutu pendidikan dimana kinerja para tenaga pendidikan merupakan kunci keberhasilan dalam dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rabadi Rabadi
Date Deposited: 15 Jan 2021 02:30
Last Modified: 15 Jan 2021 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item
View Item