Virda Yana, 150201195 (2019) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Agama pada peserta didik kelas VIII 2 di SMP Negeri 2 Meukek. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Virda Yana, 150201195, FTK, PAI, .085223580370.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB) | Preview
Abstract
Kompetensi pedagogik adalah kemampuan mengolah pembelajaran peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiikinya. Seperti halnya yang terjadi di SMP Negeri 2 Meukek bahwa sebagian guru PAI belum memenuhi kompetensi pedagogik. Guru PAI di SMP Negeri 2 Meukek kurang memiliki pemahaman terhadap peserta didik, sehingga pembelajaran yang telah direncanakan tidak sesuai dengan kondisi siswa dan membuat proses pembelajaranpun tidak dapat dijalankan dengan baik serta berdampak pada hasil pembelajaran yang tidak efektif. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama pada peserta didik kelas VIII 2 di SMP Negeri 2 Meukek. Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru PAI di SMP N 2 Meukek sudah baik (85%). Indikator dari kompetensi pedagogik yaitu: kemampuan dalam memahami peserta didik, kemampuan dalam membuat perancangan pembelajaran, mengembangkan kurikulum, kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar. Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Agama, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Agama banyak upaya yang dilakukan guru salah satunya adalah: penguasaan penuh guru pada mata pelajaran, ketuntasan belajar terlaksana, guru menata proses pembelajaran dengan baik untuk meminimalkan ketidakmerataan daya serap terhadap pembelajaran di dalam kelas. Indikator dari kompetensi pedagogik yaitu: kemampuan dalam memahami peserta didik, kemampuan dalam membuat perancangan pembelajaran, mengembangkan kurikulum, kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar. Hambatan dan rintangan yang dialami, begitu juga guru PAI di SMP N 2 Meukek memiliki hambatan dalam proses mengajar seperti: kurang adanya kesadaran dari siswa- siswi akan pentingnya belajar agama Islam, semangat para guru belum didukung oleh ketersediaan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang memadai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Dra. Raihan Putri, M.Pd Pembimbing II : Muhajir, S.Ag. M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik,Kualitas Pembelajaran. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Virda Yana |
Date Deposited: | 15 Jan 2021 07:35 |
Last Modified: | 15 Jan 2021 07:35 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15386 |