Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Rika Mulina, 150205098 (2020) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn Terhadap  Hasil Belajar Matematika Siswa SMP]
Preview
Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP)
Rika Mulina, 150205098, FTK, PMA, 082284332068.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa selama ini masih tergolong kategori rendah hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai atau tidak melibatkan siswa seccara aktif. Akibatnya siswa fasif dan hasil belajarnya cenderung rendah. Oleh karena itu salah satu model pembelajaran yang kiranya dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran matematika dikelas terutama pada materi SPLDV adalah dengan model pembelajaran Osborn. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Osborn dan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional di SMP Negeri 1 Baitussalam. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Baitussalam dan sampel diambil secara random sampling yaitu kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar yang dianalisis dengan menggunakan statistik parametrik yang sebelumnya dilakukan uji normalitas data dan uji homogenitas data. Berdasarkan uji dua pihak (uji-t) diperoleh bahwa thitung >ttabel yaitu 5,843>1,67 sehingga H0 ditolak dan terima H1, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada materi SPLDV yang diajarkan dengan model pembelajaran Osborn lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensionalHal ini dapat diketahui dari hasil N-Gain kelas eksperimen tergolong pada kategori sedang dan kelas kontrol kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Zainal Abidin, M.Pd. Pembimbing II : Khusnul Safrina,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Osborn, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Rika Mulina
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:12
Last Modified: 25 Jan 2021 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15392

Actions (login required)

View Item
View Item