Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar

Yulizar Efpendi, 211323741 (2019) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk N 1 Mesjid Raya  Neuhen Aceh Besar]
Preview
Text (Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Smk N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar)
Yulizar Efpendi, 211323741, FTK, PAI, 085270373483.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menggunakan Multimedia Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar”, bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkat-kan prestasi belajar mata pelajaran PAI dengan menggunakan multimedia di SMK N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar, dan untuk mengetahui kendala guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan multimedia di SMK N 1 Mesjid Raya Neuhen Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari guru PAI, kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: upaya meningkatkan presyasi belajar siswa dengan menggunakan multimedia guru PAI di SMK N 1 Mesjid Raya guru melakukan penyesuaian media dengan materi yang diajarkan, mengutamakan aktivitas siswa dalam memecahkan materi pelajaran dan mengevalusi proses belajar mengajar yang dilakukan dengan multimedia. Kendala yang dialami guru PAI dalam menggunakan multimedia di SMK N 1 Mesjid Raya adalah belum meratanya infrastuktur yang mendukung penerapan multimedia pada mata pelajaran PAI seperti ruang lap, ruang praktek dan raungan untuk melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan multimedia. Ketidaksiapaan sumber daya manusia untuk memanfaatkan multimedia juga menjadi kendala guru dalam proses pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Mesjid Raya dan masih kurangnya kepercayaan diri guru PAI dalam menggunakan multimedia saat melaksanakan proses PBM. Faktor yang meningkatnya prestasi belajar PAI dengan menggunakan multimedia di SMK Negeri 1 Mesjid Raya adalah adanya rasa senang saat belajar, mengutamakan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar. Multimedia juga memberikan siswa berfikir luas tentang materi pembelajaran serta memberikan siswa untuk menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Faktor minat dan motivasi siswa serta fasilitas yang memadai juga mempengaruhi perstasi belajar PAI di SMK Negeri 1 Mesjid Raya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru PAI, Multimedia, Prestasi Belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yulizar Efpendi Pendi
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:55
Last Modified: 15 Jan 2021 08:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item
View Item