Pergeseran Adat Meupahukh Dalam Tradisi Pernikahan Dan Pengaruhnya Terhadap Realitas Sosial Agama (Studi Kasus Di Desa Terutung Seperai Terhadap Realitas Agama)

Salwa Farhani Asri, 140305002 (2020) Pergeseran Adat Meupahukh Dalam Tradisi Pernikahan Dan Pengaruhnya Terhadap Realitas Sosial Agama (Studi Kasus Di Desa Terutung Seperai Terhadap Realitas Agama). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pergeseran Adat Meupahukh Dalam Tradisi Pernikahan Dan Pengaruhnya Terhadap   Realitas Sosial Agama (Studi Kasus Di Desa Terutung Seperai  Terhadap  Realitas Agama)]
Preview
Text (Pergeseran Adat Meupahukh Dalam Tradisi Pernikahan Dan Pengaruhnya Terhadap Realitas Sosial Agama (Studi Kasus Di Desa Terutung Seperai Terhadap Realitas Agama))
Salwa Farhani Asri, 140305002, FUF, SA, 085213016718.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembimbing II : Nurlaila, M.Ag

Tradisi meupahukh merupakan sebuah tradisi perkenalan antara pemuda dengan pemudi yang masih lajang dengan cara dan aturan tertentu. Namun, perkembangan zaman telah membuat beberapa pergeseran pada tradisi meupahukh. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: pertama, mengetahui bagaimana pelaksanaan tradisi Mepahukh pada masyarakat Aceh Tenggara khususnya pada masyarakat suku Alas Desa Terutung Seperai, kedua, mengetahui apa saja pergeseran tradisi Mepahukh pada masa sekarang di Desa Terutung Seperai. Peneltian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasinya adalah seluruh Masyarakat suku Alas, sampelnya adalah masyarakat Desa Terutung Seperai yang terdiri dari 11 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis interpretatif. Proses pelaksanaan tradisi meupahukh yaitu pemudi akan datang ke desa pengantin laki-laki dan berkumpulnya pemuda lajang; ketiga, bertemunya pemuda dan pemudi; keempat, Tahap keseriusan. Pergeseran pada tradisi meupahukh di masa sekarang yaitu: pemuda tidak melakukan pelaporan kepada orang tua kampung meupahukh dan kurangnya kepedulian mereka terhadap pemudi lajang yang dibawa oleh pengantin wanita dan pelaksanaan meupahukh pada tahapan bertemunya pemuda dan pemudi telah dilakukan terang-terangan, secara langsung tanpa pembatas dan pengawasan dari orang tua desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adat meupahukh, realitas sosial agama
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Salwa Farhani Asri
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:56
Last Modified: 15 Jan 2021 08:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item
View Item