Implementasi Program Cepat Tanggap Di PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh

Dian Mila Rosa, 150802036 (2020) Implementasi Program Cepat Tanggap Di PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Membahas Tentang Implementasi Program Cepat Tanggap PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Banda Aceh]
Preview
Text (Membahas Tentang Implementasi Program Cepat Tanggap PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Banda Aceh)
Dian Mila Rosa,150802036, FISIP, IAN, 081270819469.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy telah berdiri sejak Tanggal 24 Februari 1975. Selama kurun waktu 43 Tahun, Perusahaan tersebut telah berkembang dan berinovasi dalam melakukan peningkatan pelayanan sebagai Perusahaan Daerah yang bergerak pada penyedia Air Bersih di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi “Program Cepat Tanggap” yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh dan untuk mengetahui apa saja jenis komplain yang diterima oleh PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Program Cepat Tanggap sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya dengan baik 4 indikator penilaian, yaitu (1) Komunikasi yang baik, (2) Sumber Daya yang cukup, (3) Disposisi yang sesuai dan tepat, dan (4) Struktur Birokrasi yang jelas dan bertanggungjawab antara pelanggan dan pegawai di jalankan sesuai Standar Operating Prosedures (SOP), Oleh karena itu setiap komplain-komplain pelanggan yang terjadi baik dilapangan maupun secara administrasi seperti permasalahan sambungan pelanggan, kesalahan rekening, distribusi dan pelayanan, pihak kantor PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala Kota Banda Aceh menganggapi dengan baik hal ini di karenakan komplain secara langsung dan pelayanan Call Center kemudian di respon langsung oleh pihak PDAM Tirta Daroy Cabang Syiah Kuala dan pegawai ataupun tim teknis langsung melakukan pengecekan serta perbaikan yang dikomplain oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr.Mahmuddin, M.Si 2. Dian Rubianty, SE, Ak, MPA
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Cepat Tanggap, Perusahan Daerah Air Minum (PDAM)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Dian Mila Rosa
Date Deposited: 19 Jan 2021 03:01
Last Modified: 19 Jan 2021 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15399

Actions (login required)

View Item
View Item