Analisis Penerapan Syariah Compliance Produk Pembiayaan Murabahah BSM Griya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh

Cut Rizka Maudya, 150603133 (2020) Analisis Penerapan Syariah Compliance Produk Pembiayaan Murabahah BSM Griya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Penerapan Syariah Compliance Produk Pembiayaan Murabahah BSM Griya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Penerapan Syariah Compliance Produk Pembiayaan Murabahah BSM Griya pada Bank Syariah Mandiri Cabang Banda Aceh)
Cut Rizka Maudya, 150603133, FEBI, PS, 082312928462.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Syariah compliance merupakan suatu wujud pemenuhan terhadap nilai syariah yang menjadikan fatwa DSN-MUI sebagai alat ukur pemenuhan prinsip syariah. Salah satu produk yang ditawarkan bank syariah adalah produk pembiayaan murabahah yang merupakan produk unggulan pada bank syariah, tidak terkecuali pada bank Syariah Mandiri cabang Banda Aceh. Namun, pelaksanaan produk pembiayaan murabahah masih menimbulkan beragam persepsi baik positif maupun negatif dikalangan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan syariah compliance pembiayan murabahah pada produk BSM Griya. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methode. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara dan sebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis data melalui pendekatan mixed method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri cabang Banda Aceh dilihat dari segi aplikasi pembiayaan, segi akad, segi kepemilikan barang, penentuan margin, prosedur pembayaran angsuran serta dilihat dari ketetapan hukum yang dijadikan rujukan untuk pelaksanaan pembiayaan murabahah sudah berupaya menerapkan pembiayaan murabahah BSM Griya dengan sangat baik dan sesuai dengan prinsip syariah, sehingga pelaksanaan pembiayaan murabahah yang diterapkan pada Bank Syariah Mandiri cabang Banda Aceh sudah diterapkan berdasarkan kepatuhan syariah. Hasil penelitian ini didukung dengan persepsi nasabah yang memberikan respon positif terhadap penerapan syariah compliance produk pembiayaan murabahah BSM Griya pada Bank Syariah Mandiri cabang Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Nilam Sari, M.Ag Pembimbing 2 : Jalilah, S. HI., M,Ag
Uncontrolled Keywords: Syariah Compliance, Pembiayaan Murabahah, Bank Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Cut Rizka Maudya
Date Deposited: 18 Jan 2021 04:53
Last Modified: 18 Jan 2021 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15405

Actions (login required)

View Item
View Item