Implementasi Kebijakan Program Bank Sampah di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh

Rinti Puspita Dewi, 150802082 (2019) Implementasi Kebijakan Program Bank Sampah di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Implementasi Kebijakan Program Bank Sampah di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh)
Rinti Puspita Dewi, 150802082, FISIP, IAN, 081360550814.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Keindahan Kota Banda Aceh (DLHK3) membuat Program Bank Sampah yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang bersih, sehat dan rapi di Kota Banda Aceh. Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Reduce, Reuse, dan Recycle melalui Bank Sampah, Bank Sampah merupakan salah satu strategi pemerintah dalam menangani permasalahan sampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Program Bank Sampah dan penyebab kebangkrutan (failed) Bank Sampah di Gampong Ateuk Pahlawan Kecamatan Baiturrrahman Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi, teknik observasi (pengamatan), teknik wawancara (interview) dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Program Bank Sampah Gampong Ateuk Pahlawan belum berjalan dengan baik dan masih banyak kendala hingga membuat Bank Sampah berakhir tutup selama proses pelaksanaan berlangsung, hal tersebut terlihat dari beberapa indikator seperti: 1. Tingkat kepatuhan pada ketentuan yang berlaku, 2. Kelancaran Rutinitas Fungsi, 3. Kinerja dan Dampak Yang Dikehendaki, belum terpenuhi dengan baik. Sedangkan Penyebab kebangkrutan (failed) Bank Sampah “Gema Bersatu” disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Berdasarkan analisis SWOT terdapat 2 (dua) penyebab, yaitu: pertama terkait (pendanaan) kas atau modal kerja yang tidak mencukupi, kedua lahan/bangunan tempat berlangsungnya kegiatan Bank Sampah yang tidak layak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bank Sampah, Gampong Ateuk Pahlawan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Rinti Puspita Dewi
Date Deposited: 21 Jan 2021 02:49
Last Modified: 21 Jan 2021 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15412

Actions (login required)

View Item View Item
TOP