Profil Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Suatu Kajian Analisis pada Siswa MAN Model Banda Aceh)

Zainal Abidin, 2015057102 (2016) Profil Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Suatu Kajian Analisis pada Siswa MAN Model Banda Aceh). In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 10 Desember 2016, Surabaya.

[thumbnail of Profil Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Suatu Kajian Analisis pada Siswa MAN Model Banda Aceh)]
Preview
Text (Profil Pemecahan Masalah Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif (Suatu Kajian Analisis pada Siswa MAN Model Banda Aceh))
Artikel_Prosiding_Semnastika_Pasca_Unesa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu fokus dari pembelajaran matematika. Untuk memecahkan masalah matematika, George Polya, mengemukakan empat langkah pemecahan, yaitu; Memahami masalah, merencanakan pemecahan, menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Penelitian ini mengkaji profil pemecahan masalah geometri siswa berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat eksploratif. Penelitian ini dilakukan pada siswa MAN Model Banda Aceh, kelas X. Penjaringan subjek dilakukan dengan menggunakan lembar tes gaya kognitif MFFT. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi tiga tahap, yaitu: tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut, subjek yang bergaya kognitif reflektif, memahami masalah dengan menjelaskan dan menuliskan semua yang diketahui dan yang ditanyakan serta menyatakan prasyaratnya. Merencanakan pemecahan dengan melibatkan semua konsep, rumus dan strategi yang diprediksi dapat menyelesaikan masalah. Melaksanakan rencana pemecahan dengan melakukan sesuai dengan perencanaannya. Melihat kembali pemecahan dengan melakukan pembuktian terhadap jawaban yang didapatkannya dan memeriksa kembali dengan cara yang berbeda-beda. Subjek yang bergaya kognitif impulsif dalam memahami masalah dengan menjelaskan yang diketahui dan ditanyakan, tanpa menuliskannya, serta menjelaskan semua prasyarat yang dibutuhkan. Belum bisa merencanakan pemecahan dengan tepat. Melaksanakan pemecahan masalah dengan cara menebak hasilnya. Melihat kembali pemecahan masalah dengan melakukan pembuktian jawaban dengan benar. Bagi peneliti lain atau peneliti yang merasa tertarik dengan masalah ini agar dapat meneliti lanjutan dengan melihat pada topik- topik matematika yang, karena dalam penelitian ini hanya mengkhususkan pada materi geometri saja lebih khusus materi persegipanjang, dan juga dapat melihat lebih dalam lagi berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif; Reflektif dan Impulsif
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika) > 516 Geometri
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Zainal Abidin
Date Deposited: 22 Jan 2021 01:48
Last Modified: 26 Nov 2021 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15414

Actions (login required)

View Item
View Item