Pengembangan Majalah Kimia Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Peusangan

Rahma Yuni, 150208090 (2020) Pengembangan Majalah Kimia Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Peusangan. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Majalah Kimia Sebagai Sumber  Belajar Mandiri Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Peusangan]
Preview
Text (Pengembangan Majalah Kimia Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Pada Materi Asam Basa di SMA Negeri 2 Peusangan)
Rahmayuni, 150208090, FTK, PKM, 082272955773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kurangnya sumber belajar mengindikasikan motivasi belajar peserta didik belum optimal, hal ini dapat dibuktikan dari hasil wawancara dengan peserta didik dan guru kimia yang bersangkutan. Oleh karena itu dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan terhadap majalah kimia yang dikembangkan pada materi sistem asam dan basa di SMA Negeri 2 Peusangan dan untuk mengetahui respon peserta didik dan guru terhadap majalah kimia yang dikembangkan pada materi asam basa di SMA Negeri 2 Peusangan. Sampel penelitian yaitu 2 orang guru kimia, lima belas orang peserta didik kelas XI IPA 2 dengan rincian 5 orang kelompok kecil dan sepuluh orang kelompok besar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian pengembangan atau Research and Development dengan model Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli media, materi dan bahasa sedangkan untuk melihat respon guru dan peserta didik menggunakan lembar angket. Hasil persentase yang diperoleh dari keenam validator sejumlah 82,36% dengan kriteria sangat layak dan hasil respon guru kimia dengan persentase 75% dengan kategori setuju, 25% dengan kategori sangat setuju, sedangkan hasil persentase untuk respon peserta didik kelompok kecil dengan kategori cukup setuju 30%, setuju 48%, dan kategori sangat setuju 22%, untuk kelompok besar diperoleh persentase setuju 41% dan kategori sangat setuju 59%. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa majalah kimia sangat layak dijadikan sebagai sumber belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing l : Dr. Hilmi, M.Ed Pembimbing ll : Adean Mayasri, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Majalah , Sumber Belajar, Asam Basa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rahma Yuni
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:02
Last Modified: 19 Jan 2021 04:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item
View Item