Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh

Resti Novita Lestari, 150213003 (2019) Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA    Inshafuddin Banda Aceh]
Preview
Text (Analisis Kecerdasan Interpersonal Siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh)
Resti Novita Lestari, 150213003, FTK, BK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan mencerna dan menanggapi dengan tepat berbagai suasana hati, maksud, motivasi, perasaan, dan keinginan orang lain disamping kemampuan untuk melakukan kerjasama. Adapun komponen lainnya adalah kepekaan dan kemampuan menangkap perbedaan yang sangat halus terhadap maksud, motivasi, suasana hati, perasaan, dan gagasan orang lain. Penelitian ini dilakukan di SMA Inshafuddin Banda Aceh, adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kecerdasan interpersonal siswa SMA Inshafuddin. Hal ini terlihat dengan sikap kurangnya rasa simpati atau sikap peduli dengan sesama temannya, mengalami konflik dengan teman hingga timbul adu mulut dan mengeluarkan kata-kata kasar, serta sering terjadi aksi bully dalam kelas sehingga hubungan interpersonal/sosial rendah antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal di SMA Inshafuddin dan membantu guru BK dalam menentukan upaya yang tepat dalam mengatasi masalah Kecerdasan Interpersonal. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Inshafuddin Banda Aceh, sedangkan sampel berjumlah 74 orang peserta didik yang mewakili dari kelas X (X IPA-1), XI (X IPA-1), dan XII (XII IPA), sampel dipilih melalui Simple Random Sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert. Teknik analisis dengan menggunakan Persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori yang paling banyak berada pada kategori sedang yang artinya sebagian besar kecerdasan interpersonal siswa SMA Inshafuddin berada pada kategori sedang dengan nilai 70,3% dan upaya yang dapat dilakukan guru BK dalam mengatasi masalah ini yaitu dengan memberikan layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok dengan materi terkait dengan kecerdasan interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mashuri, S. Ag., M.A Pembimbing II : Kurniawan, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kecerdasan, Interpersonal, Inshafuddin.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Resti Novita Lestari Resti
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:53
Last Modified: 19 Jan 2021 04:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15431

Actions (login required)

View Item
View Item