Pengaruh Luas Lahan, Status Kepemilikan Lahan, Religiusitas Terhadap Pendapatan Petani Padi (Studi Kasus Petani Padi Di Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan)

Anggia Rahmayani, 160602183 (2021) Pengaruh Luas Lahan, Status Kepemilikan Lahan, Religiusitas Terhadap Pendapatan Petani Padi (Studi Kasus Petani Padi Di Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Luas Lahan, Status Kepemilikan Lahan, Religiusitas Terhadap Pendapatan Petani Padi (Studi Kasus Petani Padi Di  Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan)]
Preview
Text (Pengaruh Luas Lahan, Status Kepemilikan Lahan, Religiusitas Terhadap Pendapatan Petani Padi (Studi Kasus Petani Padi Di Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan))
Anggia Rahmayani, 160602183, FEBI, ES, 082369449203.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh luas lahan, status kepemilikan lahan dan religiusitas terhadap pendapatan petani di Kecamatan Bakongan Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis liniear berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah petani padi yang ada di Kecamatan Bakongan Timur dengan jumlahsampel yang diambil sebanyak 109 petani dengan menggunakan rumus slovin. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan luas lahan, status kepemilikan, dan religiusitas berpengaruh terhadap pendapatan petani. Hal ini dilihat dari nilai F hitung sebesar 3344,143
dengan probabilitas signifikansi 0,000. Secara parsial luas lahan dan status kepemilikan lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani sedangkan religiusitas berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggia Rahmayani
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:02
Last Modified: 19 Jan 2021 05:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item
View Item