Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Pilkada Di Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2018 Studi Kasus : Kemenangan Politik Pasangan Azwir Dan Amran (AZAM)

Isra Satria, 160801069 (2020) Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Pilkada Di Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2018 Studi Kasus : Kemenangan Politik Pasangan Azwir Dan Amran (AZAM). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Strategi Komunikasi Politik Pemenangan Pilkada Di Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2018 Studi Kasus : Kemenangan Politik Pasangan Azwir Dan Amran (AZAM))
Isra Satria, 160801069, FISIP, IP, 082163059773.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemilihan Umum Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah atau sering disebut dengan kata pemilukada yaitu pemilihan umum untuk memilih calon kepala daerah yang diusulkan oleh partai politik. Pilkada di Aceh dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Pemerintah Aceh Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, baik provinsi maupun kabupaten. Begitu juga halnya dengan Kabupaten Aceh Selatan Pilkada pada tahun 2018 terdapat dua putera daerah yang tampil sebagai peserta calon pilkada yaitu Teuku Sama Indra dari pasangan (SAKA) dan Azwir dari Pasangan (AZAM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apakah yang digunakan dan hambatan yang dihadapi oleh tim pemenangan (AZAM) sehingga kemenangan pilkada ini berpihak kepada pasangan (AZAM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif pendekatan induktif yang digunakan sebagai strategi bertitik dorong dari sesuatu hal yang istimewa dari pasangan (AZAM) kepada hal yang sifatnya kepentingan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yakni dengan menjual ketokohan calon bupati berupa pengaruh dan pengalaman calon bupati dalam dunia birokrasi pemerintahan. Elektabilitas calon bupati dan wakil bupati merupakan hal yang sangat penting dalam hal strategi pemenangan. Hambatan yang dihadapi pada tim sukses ini yaitu terdapatnya kesalahpahaman antara masyarakat dan tim ini sendiri karena apa yang disampaikan oleh tim beda yang ditanggap oleh masyarakat sendiri, karena faktor kurangnya ilmu pengetahuan. Kesimpulannya strategi yang diutamakan oleh tim sukses yaitu memberikan kepercayaan kepada masyarakat sampai kepelosok desa agar masyarakat menilai bahwa ada putera daerah yang maju sebagai calon kepala daerah dan lebih mengutamakan kekompakan tim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr, Phil. Saiful Akmal, MA Pembimbing II : Ramzi Murziqin, S.H.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Politik, Pilkada 2018, Aceh Selatan
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.2 Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Isra Satria
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:06
Last Modified: 20 Jan 2021 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item
TOP