Analisis Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng)

Yossie Kenanga Putri, 160603015 (2020) Analisis Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Ulee Kareng). Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Ulee Kareng)]
Preview
Text (Analisis Peran Bank Syariah dalam Mengembangkan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Kcp Ulee Kareng))
Yossie Kenanga Putri, 160603015, FEBI, PS, 082299161905.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Wisata Halal merupakan sebuah perjalanan berwisata atau obyek wisata yang prosesnya sesuai dengan aturan Islam. Mulai dari perjalanan, penginapan, dan konsumsi merupakan suatu yang sesuai dengan ajuran Islam. Bank Syariah adalah suatu lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan pembiayaan dan jasa -jasa lainnya dalam lalu lintas pembayaran serta peredaran uang yang pengoperasiannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Peran Bank Syariah Mandiri Kcp Ulee Kareng dalam mengembangkan wisata halal di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder, yaitu dengan melakukan wawancara dan studi kepusatakaan serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri Kcp Ulee kareng memiliki peran dalam mengembangkan wisata halal yakni pada Sektor Usaha Kuliner, Penyedia Jasa Travel dan Penyedia Penginapan melalui pembiayaan yang diberikan kepada para pelaku usaha wisata halal. Adapun pembiayaan yang di berikan oleh Bank Syariah Mandiri Kcp Ulee Kareng kepada para pelaku usaha ialah pembiayan Usaha Mikro dan pembiayaan Rahn yang menggunakan Akad Murabahah dan akad Rahn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Inayatillah, MA., Ek Pembimbing II : Isnaliana, S.HI., MA
Uncontrolled Keywords: Wisata Halal, Bank Syariah, Pembiayaan, dan UMKM
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Yossie Kenanga Putri
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:11
Last Modified: 20 Jan 2021 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item
View Item