Peer Review Book Chapter Bahasa Aceh di Tengah Euforia Etno-Nasionalisme

Saiful Akmal, 2001038202 (2021) Peer Review Book Chapter Bahasa Aceh di Tengah Euforia Etno-Nasionalisme. Padébooks, Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peer Review)
Peer Review Book Chapter_Bahasa Aceh ditengah Euforia Etno Nasionalisme.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (467kB) | Preview

Abstract

Pascadamai, ada secercah harapan bahwa BA akan mendapatkan ruh baru. Apalagi kemudian kandidat independen yang berafiliasi ke eks-GAM dan Partai Aceh sebagai wujud transformasi perjuangan kombatan yang sangat kental nuansa nasionalisme keacehannya mendominasi pemerintahan di seluruh Aceh dari tingkat kabupaten/kota sampai gubernur. Namun, ternyata realita malah tidak memihak. BA bahkan tidak menjadi prioritas para politisi, karena memang barangkali menurut mereka bahasa, dalam hal ini BA, tidak mempunyai efek langsung terhadap proses politik. Padahal dasar hukum dalam UUPA sudah mengonfirmasi dengan tegas pentingnya BA (dan juga bahasa-bahasa daerah lain di Aceh) dalam masyarakat Aceh pascakonflik, meskipun bunyinya hanya mencakup sampai pengajaran bahasa sebagai muatan lokal (mulok) di pendidikan sekolah.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.6 Bahasa (Ketrampilan Komunikasi)
400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Saiful Akmal Saiful Akmal
Date Deposited: 20 Jan 2021 03:54
Last Modified: 28 Jan 2021 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15442

Actions (login required)

View Item View Item
TOP