Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Pada Komunitas Game Online PUBG Di Kota Banda Aceh

Maqhfira, 150901109 (2020) Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Pada Komunitas Game Online PUBG Di Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Pada Komunitas Game Online Pubg  Di Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Membahas Tentang Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Agresivitas Pada Komunitas Game Online Pubg Di Kota Banda Aceh)
Maqhfira, 150901109, FIP, IP, 08131379289.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45MB) | Preview

Abstract

Perilaku agresif merupakan perilaku yang niatnya untuk menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikologis untuk mengekspresikan perasaan negatif sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwa pemain game online PUBG seringkali melakukan tindakan agresif. Jika tidak memiliki kontrol diri akan hal ini, maka akan menimbulkan banyak hal yang tidak diinginkan, seperti menyakiti orang lain, diri sendiri dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan kontrol diri dengan agresivitas komunitas game online PUBG di Kota Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini sebanyak 120 subjek.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional menggunakan rumus Product Moment dari Pearson’s. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan menggunakan dua skala. Skala kontrol diri dari Averill (2000) dan skala agresivitas dari Buss & Perry (1992). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 20.0.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kontrol diri komunitasgame online PUBG di Kota Banda Aceh 20% pada kategori rendah, 61,6% pada kategori sedang dan 18,4% pada kategori tinggi. Sedangkan tingkat agresivitas komunitasgame online PUBG di Kota Banda Aceh 15% pada kategori rendah, 64% pada kategori sedang dan 30% pada kategori tinggi. Hasil uji korelasi mnunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan agresivitas pada subjek yang ditunjuk dengan nilai rhitung = -0,749 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya semakin tinggi kontrol diri subjek maka subjek cenderung memiliki agresivitas yang rendah begitu juga sebaliknya. Semakin rendah kontrol diri maka semakin tinggi agresivitasnya.
Kata Kunci: Kontrol Diri, Agresivitas, Game Online PUBG.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Maqhfira Maqhfira
Date Deposited: 20 Jan 2021 04:29
Last Modified: 20 Jan 2021 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15448

Actions (login required)

View Item
View Item