Melyana, 150209073 (2020) Penggunaan Media Big Book Dalam Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas I MIS Lamgugob Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.
Melyana, 150209073, FTK, PGMI, 082362577791.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB) | Preview
Abstract
Keterampilan membaca awal merupakan suatu tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Membaca merupakan kunci penting dalam proses belajar, kurangnya keterampilan membaca merupakan suatu masalah dalam penelitian ini. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah agar adanya peningkatan keterampilan membaca siswa kelas I MIS Lamgugob Banda Aceh dalam penggunaan Media Big Book. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara bersiklus, dengan subjek penelitian yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tes digunakan untuk melihat keterampilan membaca siswa dan observasi digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam proses belajar serta aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran melalui Penggunaan Media Big Book Dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas I MIS Lamgugob Banda Aceh. Pada siklus I belum mencapai ketuntasan yaitu hanya mencapai 45%, pada siklus II hanya mencapai 63%, dan menjadi peningkatan pada siklus III dengan mencapai ketuntasan 87%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Big book dapat meningkatkan keterampilan membaca awal siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Yuni Setia Ningsih, M.Ag Pembimbing II : Silvia Sandi Wisuda Lubis, S.Pd.,M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media BigBook, Keterampilan Membaca. |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.4 Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mellyana Mellyana |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 04:24 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 04:24 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15449 |