Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Bola di RA Mutiara Bunda Banda Aceh

Cutriani, 140210056 (2019) Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Bola di RA Mutiara Bunda Banda Aceh. ["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined] thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Bola di RA Mutiara Bunda Banda Aceh]
Preview
Text (Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Bola di RA Mutiara Bunda Banda Aceh)
Cutriani, 140210056, FTK, PIAUD, 085296692523.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan kemampuan motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan melalui kegiatan permainan yang tepat dan bervariasi. Permainan bola merupakan salah satu permainanyang dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak. Namun RA Mutiara Bunda Banda Aceh belum mengunakan permainan yang tepat danbervariasi.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kegiatanpermainan bola dapat berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini di kelompok A RA Mutiara Bunda Banda Aceh?.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan permainan bola terhadap pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini di kelompok A RA Mutiara Bunda Banda Aceh. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan one grup pretest-posttes design. Subjek dalam penelitian berjumlah 8 orang anak, dengan 4 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Data hasil pengembangan kemampuan motorik kasar pada anak dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi yang berisi deskripsi kriteria pengembangan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan permainan bola. Data-data tersebut dianalisis dengan deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan rumus uji-t. Berdasarkan data hasil uji-t diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 21,201 ˃2,365. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan bola dapat berpengaruh terhadap pengembangan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Hal ini terlihat pada perubahan gerak anak yang sudah menunjukan peningkatan pada pengembangan kemampuan motorik kasar anak.

Item Type: Thesis (["eprint_fieldopt_thesis_type_skripsi" not defined])
Additional Information: Pembimbing I : LoezianaUce, S. Ag., M. Ag Pembimbing II : Muthmainnah, MA
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Motorik, Motorik Kasar, Permainan Bola.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak > 2X7.3208 Peserta Didik
Depositing User: Cutriani Cutriani
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:50
Last Modified: 21 Jan 2021 04:50
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item
View Item