Peran Baitul Mal Terhadap Pengembangan Zakat Produktif Dan Dampaknya Pada Pendapatan Usaha Mustahik (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh)

Teuku Reza Aulia, 140602142 (2019) Peran Baitul Mal Terhadap Pengembangan Zakat Produktif Dan Dampaknya Pada Pendapatan Usaha Mustahik (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Baitul Mal Terhadap Pengembangan Zakat Produktif Dan Dampaknya Pada Pendapatan Usaha Mustahik (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh)]
Preview
Text (Peran Baitul Mal Terhadap Pengembangan Zakat Produktif Dan Dampaknya Pada Pendapatan Usaha Mustahik (Studi Kasus Pada Baitul Mal Aceh))
Teuku Reza Aulia,140602142, ES, FE 0852-0607-6015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Zakat produktif adalah zakat yang dikelola dengan cara produktif, yang dilakukan dengan cara pemberian modal kepada para penerima zakat dan kemudian dikembangkan, untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka untuk masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini yaitu mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana sistem penyaluran zakat produktif yang dilakukan oleh Baitul Mal Aceh, dan dapat melihat perkembangan usaha mustahik yang bekerja sama dengan baitul mal aceh. Metode penelitian ini ialah metode deskriptif analisis berdasarkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini peran baitul mal dalam mengembangkan UKM pada dasarnya sudah sesuai dengan visi dan misi dari baitul mal tersebut, akan tetapi perlu dilakukan pengawasan dan pemberian dukungan lainnya kepada para mustahik seperti dukungan promosi dan bantuan lainnya agar usaha yang sedang dikembangkan oleh para mustahik bisa mencapai harapan mustahik secara lebih efisien, dan dengan adanya bantuan dana zakat produktif tersebut mustahik dapat mengembangkan usahanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, UKM, Baitul Mal
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Teuku Reza Aulia Teuku
Date Deposited: 21 Jan 2021 04:51
Last Modified: 21 Jan 2021 04:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item
View Item