Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit PT. Ensem Lestari Dan Kondisj Lingkungan Masyarakat Sekitar (Studi Di Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Aceh SingKil)

Hendri Syah Putra, 441206934 (2019) Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit PT. Ensem Lestari Dan Kondisj Lingkungan Masyarakat Sekitar (Studi Di Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Aceh SingKil). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas Tentang Pengelolaan Limbah  Kelapa  Sawit PT. Ensem Lestari Dan Kondisj Lingkungan Masyarakat Sekitar (Studi  Di Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan  Aceh SingKil)]
Preview
Text (Membahas Tentang Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit PT. Ensem Lestari Dan Kondisj Lingkungan Masyarakat Sekitar (Studi Di Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Aceh SingKil))
Hendri Syahputra, 441206934, FDK, PMI, 081392089512.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit PT. Ensem Lestari dan Kondisi Lingkungan Masyarakat Sekitar; Studi Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Aceh Singkil. Limbah adalah sampah atau kotoran, namun tidak semua jenis limbah dapat menajdi kotoran sempurna, ada juga limbah yang dapat diuraikan dan dimanfaatkan untuk guna yang lain. limbah dimaksud yaitu, limbah padat kelapa sawit hasil produksi tandan buah segar oleh perusahaan. Namun semua jenis limbah pada PT. Ansem Lestari, semuanya dialirkan ke sungai sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan yang fatal sekali, bahkan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar. Seharusnya limbah padat dapat diolah untuk berbagai kegunaan yang menghasilkan nilai jual. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan limbah pabrik PT. Ensem Lestari dan kondisi lingkungan masyarakat Kemukiman Silatong Kecarnatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil dan tanggapan warga Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil terhadap pembuangan limbah yang dilakukan PT. Ensem Lestari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan deskriptif, tehnik pengambilan sampel (purposive sampling) yaitu sarnpel bertujuan, data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul disajikan dalam bentuk naratif dokumentasi, membuat rangkuman temuan penelitian secara sistematis sekaligus menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, pengelolaan limbah pabrik PT. Ensem Lestari dan kondisi lingkungan masyarakat Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil tidak dilakukan detoksifikasi melalui pengolahan yang sesuai, sehingga berdampak pada tercemamya aliran sungai, kerusakan jalan, asap dan berdampak pada kesehatan. Masyarakat menganggap bahwa PT. Ensem Lestari kurang respon terhadap tanggungjawab lingkungan yang berhubungan langsung dengan masyarakat miskin dan sulitnya perusahaan diakses oleh masyarakat. Maka itu, perusahaan perlu memperjelas kebijakan manajeriaVmanagement dalam pengelolaan limbah, perlu adanya upaya pengelolaan limbah pada perusahaan yang diterapkan oleh pemerintah daerah, sehingga limbah padat dapat dimanfaatk untuk berbagai kebutuhan dan perusahaan perlu menata fasilitas sebagai penyaringan dan pengeringan limbah cair sehingga tidak langsung dialirkan di aliran ke sungai Kemukiman Silatong Kecamatan Simpang Kanan Aceh Singkil.

Kata Kunci: Pengelolaan, Limbah Kelapa Sawit don Lingkungan Sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hendri Syah Putra Hendri
Date Deposited: 22 Jan 2021 01:35
Last Modified: 22 Jan 2021 01:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15470

Actions (login required)

View Item
View Item