Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Sara Septia, 140205146 (2019) Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran The Learning Cell)
Sara Septia, 140205146, FTK, PMA, 082246386725.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan suatu materi sangat membantu siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Oleh karena itu perlu dilakukan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Pembelajaran dengan menggunakan model The Learning Cell cenderung membuat siswa menjadi lebih aktif karena mendapatkan perannya masing-masing, yaitu satu orang bertindak sebagai tutor/fasilitator dan satu orang lainnya bertindak sebagai siswa, dan kegiatan tersebut dilakukan secara bergantian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran The Learning Cell dan (2) untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model The Learning Cell dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Baitussalam. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling, dengan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran dan lembar tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang terdiri dari pre-test dan pos-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajarani The Learning Cell lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. H. Nuralam, M. Pd 2. T. Murdani Saputra, M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran The Learning Cell, Komunikasi Matematis
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Sara Septia
Date Deposited: 22 Jan 2021 01:45
Last Modified: 22 Jan 2021 01:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item
View Item