Perlindungan Anak dalam Perspektif Dakwah (Studi Peran BP3A Provinsi Aceh dalam Program Perlindungan Anak)

Aisyah, 431206880 (2016) Perlindungan Anak dalam Perspektif Dakwah (Studi Peran BP3A Provinsi Aceh dalam Program Perlindungan Anak). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang anak)
Aisyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak adalah amanah sekaligus karunia Allah Yang Maha Esa yang harus dijaga oleh orang tua, keluarga dan masyarakat. Semua hak anak telah diataur dalam perundang-undangan negara, hanya saja permasalahan yang sering terjadi pada pelaksanaan tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Adapun tujuan dalam penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perlindungan anak dalam perspektif dakwah, peran BP3A dalam program perlindungan anak serta peluang dan tantangan dalam program perlindungan anak. Penilitian ini adalah penelitian lapangan fied reserch (penilitian lapangan) dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kantor BP3A Provinsi Aceh dan yang menjadi objek penelitian adalah kepala BP3A Provinsi Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlindungan anak dalam perspektif Islam dengan mengajak anak-anak untuk melakukan hal-hal kebaikan seperti mengajari tentang ketauhidan, mematuhi perintah orang tua, mengajak untuk mengaji, shalat dan melakukan perbuatan baik lainnya. Dalam hukum Islam dan Undang-undang Republik Indonesia No. 23 tahun 2002 dan Undang-undang 35 tahun 2014 tentang perubahan undang-undang, tindakan kekerasan terhadap anak dalam rumah tangga sangat dilarang. Peran BP3A dalam upaya pecegahan kekerasan terhadap anak adalah dengan melakukan sosialisasi, kampaye-kampaye seminar anak, seminar lintas sektor. Peluang dalam perlindungan anak di Aceh adalah kesadaran masyarakat tentang pentingnya pelindungan terhadap anak, kondisi masyarakat Aceh sendiri yang sangat peduli terhadap tingkah laku anak dan regulasi Syariat Islam di Aceh yang mengisyaratkan memberikan perlindungan terhadap anak. Tantangan dalam memberi perlindungan terhadap anak adalah, minimnya alokasi anggaran yang di alokasikan untuk program-program BP3A, kurangnya intrumen perlindungan terhadap anak dan perbedaan persepsi dari penegak hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Mahmuddin, M.S.i; NIP.197210201997031002. 2. Sakdiah, S.Ag.M.Ag;NIP.197307132008012007.
Uncontrolled Keywords: Menyusui, Mengasuh, Perlindungan anak, Memelihara Anak, BP3A, Anak
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.37 Menyusui dan Mengasuh / Memelihara Anak
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 26 Jul 2017 08:35
Last Modified: 26 Jul 2017 08:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item
TOP