Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Kakao di Pidie Jaya Ditinjau Dari Maqashid Syariah (Studi Kasus Petani Yang Menjual ke Socolatte Dan Keluar Socolatte)

Evi Nora, 140602113 (2019) Analisis Perbandingan Pendapatan Petani Kakao di Pidie Jaya Ditinjau Dari Maqashid Syariah (Studi Kasus Petani Yang Menjual ke Socolatte Dan Keluar Socolatte). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tentang Petani Kakao]
Preview
Text (Tentang Petani Kakao)
Evi Nora, 140602113, FEBI, ES, 085261915148.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Socolatte adalah home industri pertama di Aceh yang mengolah biji kakao menjadi coklat yang diproduksi dalam berbagai macam makanan dan minuman. Socolatte didirikan di Pidie Jaya karena sektor perkebunan kakao merupakan mata pencarian masyarakat Pidie Jaya. Harga jual di Socolatte berbeda dengan harga jual di luar Socolatte. Sehingga peneliti bertujuan menganalisis perbandingan pendapatan antara petani kakao yang menjual ke Socolatte dan keluar Socolatte. Lokasi penelitian di Kabupaten Pidie Jaya, pada bulan Agustus-November 2018. Sampel sebanyak 30 responden dipilih dengan metode random sampling. Analisis data yang digunakan metode analisis uji t dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Hasil uji t, menunjukkan t hitung sebesar (-3,471) sedangkan t tabel (2,045). Dengan demikian berdasarkan hipotesis t hitung > t tabel, yang berarti hipotesis diterima (H0) di terima dan H1 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pendapatan yang menjual ke Socolatte dan keluar Socolatte. Pendapatan dalam kehidupan juga harus menjaga dan melestarikan lima unsur pokok (Maqashid Syariah) penunjang kehidupan manusia, yaitu: agama (din), jiwa (nafs), akal (‘aqal), keturunan (nasl), dan harta (mal), selanjutnya dalam memperoleh pendapatan tidak terletak pada material semata, tetapi harus menempatkan manusia sebagai subjek dan objek utamanya dalam kaitannya sebagai khalifah Allah di bumi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Muhammad Zulhilmi, S.Ag., MA 2. Khairul Amri, SE.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Perbandingan pendapatan, Petani kakao yang menjual ke Socolatte, petani yang menjual keluar Socolatte, dan Maqashid Syariah.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Evi Nora Evi
Date Deposited: 26 Jan 2021 02:31
Last Modified: 26 Jan 2021 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item
View Item