Perbedaan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Di Gampong Bandar Baru Kota Banda Aceh

Ayu Rahayu, 140901013 (2019) Perbedaan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Di Gampong Bandar Baru Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[img]
Preview
Text (Perbedaan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Di Gampong Bandar Baru Kota Banda Aceh)
Ayu Rahayu, 140901013, FPSI, PSI, 085276094231.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kebahagiaan merupakan suatu perasaan positif yaitu senang, gembira, tentram, dan damai ditandai dengan kecukupan hingga kesenangan, cinta serta kepuasan. Kebahagiaan sebagai keseluruhan evaluasi mengenai hidup termasuk semua kriteria yang berada di dalam pemikiran individu serta sejauh mana hidup sudah mencapai ekspektasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris adanya perbedaan kebahagiaan pada dewasa madya ditinjau dari status sosial ekonomi di kota Banda Aceh di gampong Bandar Baru. Manfaat dari penelitian ini di harapkan dapat memberikan sumbangan referensi dan menambah wawasan mengenai teori psikologi dalam hal kebahagiaan dan memberikan pengetahuan bagi dewasa madya. Responden dalam penelitian ini adalah dewasa madya di gampong Bandar Baru Kota Banda Aceh dengan N sebanyak 150 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah one way anova. Komputerisasi analisis data yang digunakan dengan bantuan Program SPSS (Statistical Product And Service Solution) 20,00 for windows. Hasil analisis tes menunjukkan nilai yaitu 12,509 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000. Variabel dikatakan memiliki perbedaan apabila nilai signifikansi pada hipotesis lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kebahagiaan yang signifikan pada dewasa madya ditinjau dari status sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebahagiaan, Status sosial ekonomi
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.6 Psikologi orang Dewasa
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ayu Rahayu
Date Deposited: 28 Jan 2021 04:11
Last Modified: 28 Jan 2021 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item
TOP