Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di Mas Oemar Diyan Aceh Besar

Dina Afridha, 291324966 (2017) Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lesson untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid di Mas Oemar Diyan Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Strategi Pembelajaran Peer Lesson]
Preview
Text (Membahas tentang Strategi Pembelajaran Peer Lesson)
DINA AFRIDHA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran kimia diajarkan dengan tujuan agar siswa lebih memahami dan dapat mengembangkan ilmu dan teknologi yang dapat digunakan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk pengetahuan dalam memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini dilakukan di MAS Oemar Diyan Aceh Besar tentang Penerapan Strategi pembelajaran peer lesson. Penelitian ini dilator belakangi pada hasil belajar siswa pada materi Koloid yang masih belum mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yaitu 78. Adapun penyebabnya adalah kurangnya penggunaan model atau strategi terhadap materi yang diajarkan. Strategi pembelajaran peer lesson adalah sebuah strategi yang mengembangkan Peer Teaching dalam kelas yang menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar pada peserta didik sebagai anggota kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa saat penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada materi koloid, untuk meningkatkan hasil belajar siswa MAS Oemar Diyan dengan penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada materi koloid dan untuk mendeskripsikan respon siswa MAS Oemar Diyan terhadap penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada materi koloid. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculka n dan terjadi dalam kelas secara bersama. Dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan dua siklus, dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dalam bentuk pilihan ganda, pengamatan aktivitas siswa serta pemberian angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berhasilnya tindakan yang diberikan melalui strategi pembelajaran peer lesson pada materi Koloid di MAS Oemar Diyan terhadap hasil belajar siswa yang dibuktikan dari hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil rumus persentase yaitu diperoleh hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,10 % dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 92,30 %. Pengamatan aktivitas siswa dengan persentase pada siklus I sebesar 77,20% dan pada siklus II sebesar 88,23% dengan kategori sangat baik. Respon siswa terhadap penerapan strategi pembelajaran peer lesson pada materi Koloid adalah 86,1 % menyatakan “Ya” dan yang menyatakan “Tidak” sebesar 13,9 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan yang diberikan melalui strategi pembelajaran peer lesson pada materi Koloid terhadap siswa MAS Oemar Diyan untuk meningkatkan hasil belajar siswa termasuk kedalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra.Latifah Hanum, M.si 2. Nurbayani, M.A
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Peer Lesson, Materi Koloid, Hasil Balajar, Aktivitas dan Respon
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Dina Afridha
Date Deposited: 07 Nov 2017 08:12
Last Modified: 07 Nov 2017 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1553

Actions (login required)

View Item
View Item