Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MAT Pelajaran IPS di Kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh

erwin yansyah, 201121701 (2017) Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Pada MAT Pelajaran IPS di Kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (minat belajar)
erwin yansyah. pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nama : Erwin Yansyah
NIM : 201121701
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / PGMI
Judul : Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh
Tanggal sidang :
Tebal Skripsi :
Pembimbing I : Dra. TasnimIdris, M.Ag
Pembimbing II : Syahidan Nurdin, M.Pd
Kata Kunci : Media Audio Visual dapat Meningkatkan Hasil
Belajar

Pelaksanaan pembelajaran IPS yang baik tergantung pada cara guru menyajikan materi, mengelola kelas dan penggunaan media pembelajaran.Salah satu media pembelajaran adalah media audio visual yang merupakan media yang efektif dalam memaparkan materi pembelajaran IPS.Melalui media audio visual danberdiskusi serta kerjasama di kelas dapat memotivasi siswa untuk belajar. Dengan menggunakan media audio visul dalam pembelajaran IPS siswa lebih terekam dan suasana belajar lebih hidup. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa, (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru, (3)dan bagaimana hasil belajar siswa dengan menerapkan media Audio Visual pada pembelajaran IPS di kelas V MIN Merduati Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil penelitian ini diperoleh dengan menggunakan (1) Lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa juga soal post test untuk mendapatkan data hasil belajar siswa. (2) Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, (a) Aktivitas guru meningkat dari 89% pada siklus I menjadi 98% pada siklus II. (b) Aktivitas siswa meningkat dari 70% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. (c) Hasil tes prestasi belajar siklus I 65% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Audio Visual pada pembelajaran IPS siswa lebih aktif, dan hasil belajarnya meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Tasnim Idris, M.Ag 2. Fakhrul rijal, M,A
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: erwin yansyah
Date Deposited: 13 Nov 2017 02:29
Last Modified: 13 Nov 2017 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1556

Actions (login required)

View Item View Item
TOP