Hubungan Antara Generasi X, Y, dan Z Dengan Tingkat Kemampuan Literasi Digital Terhadap Hoaks

Rizky Munazar, 150401026 (2020) Hubungan Antara Generasi X, Y, dan Z Dengan Tingkat Kemampuan Literasi Digital Terhadap Hoaks. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kajian literasi digital yang dikaitkan dengan teori generasi]
Preview
Text (Kajian literasi digital yang dikaitkan dengan teori generasi)
Rizky Munazar, 150401026, FDK, KPI, 085359827181.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB) | Preview

Abstract

WhatsApp telah memudahkan proses komunikasi di era digital dan merubah pola masyarakat dalam mengakses informasi. Bahkan, WhatsApp sering dijadikan sebagai sumber informasi utama. Padahal di WhatsApp semua orang dapat bertindak sebagai penyebar informasi yang membuat WhatsApp dikenal sebagai sarang persebaran hoaks. Salah satu upaya pencegahan agar masyarakat tidak mudah mempercayai hoaks adalah dengan literasi digital yaitu kemampuan mengakses informasi melalui media digital. Namun kemampuan literasi digital ini juga dipengaruhi oleh pengalaman adopsi perkembangan teknologi sehingga muncul perbedaan pengalaman antara generasi X, Y dan Z. Menggunakan dasar teori pengelompokan generasi dari Singh, A.P. dan Dangmei, J dan kerangka literasi digital yang ditetapkan UNESCO penelitian ini meneliti hubungan antara generasi X, Y, dan Z dengan literasi digital terhadap hoaks di WhatsApp. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk kemudian dilakukan olah data menggunakan rumus statistik korelasi Pearson. Dengan mengambil sampel di UIN Ar-raniry berjumlah 90 responden, penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara generasi dan kemampuan literasi digital terhadap hoaks cenderung rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Zainuddin T, S. Ag., M.Si. 2. Arif Ramdan, M. A.
Uncontrolled Keywords: Hoaks, Literasi Digital, Generasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizky Munazar
Date Deposited: 27 Jan 2021 03:23
Last Modified: 27 Jan 2021 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item
View Item