Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan Pemanfaatan Modul Praktikum Pada Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 1 Abdya

M. Khaireil, 150211007 (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan Pemanfaatan Modul Praktikum Pada Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 1 Abdya. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada  Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan Pemanfaatan Modul Praktikum Pada Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 1 Abdya]
Preview
Text (Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik dengan Pemanfaatan Modul Praktikum Pada Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 1 Abdya)
M. Khaireil, 150211007, FTK, PTE, 082370334030.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan bahan ajar yang minim di perpustakaan, khususnya pada mata pelajaran instalasi motor listrik bidang keahlian TITL. Akibat minimnya bahan yang tersedia sehingga menyebabkan sulit tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal, hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Oleh sebab itu, diperlukan penyusunan modul yang diharapkan dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri, efektif dan efisisen. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran Instalasi motor listrik, sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, pertama lembar validasi yang diberikan kepada dosen Pendidikan Teknik Elektro dan guru mata pelajaran Instalasi Motor Listrik sebagai validator. Kedua dengan lembar praktikalitas modul yang diberikan pada peserta didik, ketiga dengan melalui lembar pengamatan kerja praktik untuk mengetahui efektivitas modul dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah memakai modul. Berdasarkan hasil penelitian, persentase yang diperoleh dari hasil validasi isi dan validasi konstruk sebesar 81,62% dan 83,75% dengan kategori valid. Sedangkan hasil persentase yang diperoleh dari uji kepraktisan dan efektivitas modul sebesar 94,86% dan 96,30%, dengan kategori sangat praktis dan efektif. Dengan demikian penelitian ini telah menghasilkan modul yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses belajar mengajar untuk Instalasi Penerangan Listrik. Karena bisa mendorong minat belajar siswa sehingga berdampak dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mawardi, S.Ag., M.Pd Pembimbing II : Sri Wahyuni, ST., MT
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Modul Praktikum
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: M. Khaireil Khaireil
Date Deposited: 27 Jan 2021 04:29
Last Modified: 27 Jan 2021 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15566

Actions (login required)

View Item
View Item