Aspek Maisir Dalam Perlombaan Burung Berkicau Di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam

Syauqi Subhan M.A, 141310206 (2020) Aspek Maisir Dalam Perlombaan Burung Berkicau Di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Membahas tentang Syari’ah dan Hukum/ Hukum Pidana Islam (HPI) Aspek Maisir Dalam Perlombaan Burung Berkicau di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam]
Preview
Text (Membahas tentang Syari’ah dan Hukum/ Hukum Pidana Islam (HPI) Aspek Maisir Dalam Perlombaan Burung Berkicau di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Islam)
Syauqi Subhan. M.A, 141310206, FSH, HPI, 082370507364.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang dilakukan di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh. Skripsi ini mengulas permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu bagaimana praktik perlombaan burung berkicau di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh? Dan bagaimana aspek maisir dalam perlombaan burung berkicau di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh? Dalam penyelesaian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (field reseacrh) dan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa perlombaan burung berkicau ini merupakan adu kualitas kicauan atau nyanyian burung berkicau. Hadiah utama berupa uang tunai yang diberikan kepada pemenang perlombaan merupakan dana dari pendaftaran peserta, sehingga ada unsur maisir. Ini berarti perlombaan burung berkicau di Gantangan Kacer Seulawah Meuligoe Kupi Kota Banda Aceh tidak sesuai dengan hukum Islam. Karena itu, disarankan kepada panitia perlombaan untuk mencari sumber dana lain yang halal, sehingga kegiatan perlombaan burung berkicau ini tidak bertentangan dengan hukum Islam dan juga sesuai dengan aturan qanun jinayat yang berlaku di Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Syauqi Subhan Syauqi
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:58
Last Modified: 28 Jan 2021 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item
View Item