Analisis Praktik Utang Piutang Jual Beli Kopi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Rikit Musara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)”.

Rahmiati, 160602045 (2020) Analisis Praktik Utang Piutang Jual Beli Kopi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Rikit Musara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)”. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Analisis Praktik Utang Piutang Jual Beli Kopi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Rikit Musara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)”.]
Preview
Text (Analisis Praktik Utang Piutang Jual Beli Kopi Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Desa Rikit Musara Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah)”.)
Rahmiati, 160602045, FEBI, ES, 082166337876.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Utang piutang dalam jual beli kopi merupakan muamalah yang diperbolehkan dalam ajaran Islam yaitu sebagai tolong menolong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana praktik utang piutang dan apakah praktik yang dilakukan sudah sesuai dengan prinsip dasar ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sebagian besar masyarakat belum mengetahui konsep utang piutang sesuai dengan prinsip dasar ekonomi Islam. Sebagian kecil masyarakat di desa Rikit Musara sudah melakukan dan mengetahui praktik utang piutang sesuai dengan prinsip dasar ekonomi Islam. Yaitu tauhid (keesaan Tuhan), ta,awun (tolong menolong) dan kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Fithriady, Lc., MA Pembimbing II : Rina Desiana, ME
Uncontrolled Keywords: Utang Piutang, Jual Beli, Ekonomi Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.29 Aspek Muamalat Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmiati Rahmiati
Date Deposited: 28 Jan 2021 03:42
Last Modified: 28 Jan 2021 03:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15568

Actions (login required)

View Item
View Item