Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Program PSIM (Power Simulation) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas XI TITL SMK N 2 Banda Aceh.

Rizqina Maulida, 150211029 (2019) Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Program PSIM (Power Simulation) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas XI TITL SMK N 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Program PSIM (Power Simulation) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas XI TITL SMK N 2 Banda Aceh.]
Preview
Text (Penerapan Media Pembelajaran Menggunakan Program PSIM (Power Simulation) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di Kelas XI TITL SMK N 2 Banda Aceh.)
Rizqina Maulida, FTK, PTE, 085355835291.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi saat ini semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman, sehingga penerapan software PSIM dalam kegiatan pembelajaran akan membuat sistem pembelajaran menjadi lebih canggih. Hasil dari observasi pada peserta didik kelas XI SMK N 2 Banda Aceh, yang bahwa dalam kegiatan pembelajaran belum sering menggunakan software sebagai penunjang pembelajaran, sehingga peserta didik tidak memiliki kemampuan dalam melakukan simulasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tingkat keberhasilan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan pembelajaran menggunakan media software PSIM. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan dengan pre-test dan post-test desain. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar pre-test, lembar post-test, dan lembar kuesioner. Hasil dari data pada instrumen tersebut dianalisis menggunakan uji t-test untuk melihat tingkat keberhasilan kemampuan peserta didik. Hasil analisis membuktikan bahwa terdapat perubahan hasil belajar yang dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pre-test dan post-test peserta didik yaitu (38.3 < 49.13), dan nilai pengaruh dari pembelajaran dengan presentase sebesar 33.4%. Sehingga dari hasil tersebut yang bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran menggunakan software PSIM ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI TITL di SMK N 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Hadi Kurniawan, S.Si., M.Si Pembimbing II : Hari Anna Lastya, MT
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Software PSIM, Hukum Kirchoff
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Rizqina Maulida
Date Deposited: 28 Jan 2021 02:42
Last Modified: 28 Jan 2021 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15572

Actions (login required)

View Item
View Item