Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual) Pada Siswa SMPN 1 Unggul Darul Imarah

Divia Ikramuna, 140205153 (2019) Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual) Pada Siswa SMPN 1 Unggul Darul Imarah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kemampuan  Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual)]
Preview
Text (Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual And Intellectual))
Divia Ikramuna, 140205153, FTK, PMA, 082258669534.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi adalah suatu keterampilan penting dalam matematika. Sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika yaitu mengkomunikasikan gagasan, penalaran, serta mampu manyusun bukti matematika dengan menggunakan kalimat lengkap, simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan. Berdasarkan penelitian awal di SMPN 1 Unggul Darul Imarah Aceh Besar diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu pendekatan yang menciptakan proses kegiatan pembelajaran yang bermakna serta dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa, yaitu melalui pendekatan SAVI.Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 1 Unggul Darul Imarah setelah dibelajarkan dengan pendekatan SAVI; (2) untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan SAVI dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional. Metode penelitiannya adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Unggul Darul Imarah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pada penelitian ini sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) berdasarkan hasil perbandingan hasil pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kemampuan komunikasi matematis setelah dibelajarkan dengan pendekatan SAVI; (2) berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan SAVI lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvesional pada kelas VII SMPN 1 Unggul Darul Imarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.M. Duskri, M. Kes. 2. Susanti, S.Pd.I.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pendekatan SAVI
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 510 Mathematics (Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Divia Ikramuna
Date Deposited: 27 Jan 2021 08:11
Last Modified: 27 Jan 2021 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15573

Actions (login required)

View Item
View Item