Pengelolaan Lingkungan Madrasah dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik di MTsN 2 Banda Aceh

Indri Yuli Wardewi, 160206046 (2020) Pengelolaan Lingkungan Madrasah dalam Menumbuhkan Semangat Belajar Peserta Didik di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengelolaan Lingkungan Madrasah dalam Menumbuhkan Semangat Belajr Peserta Didik di MTsN 2 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengelolaan Lingkungan Madrasah dalam Menumbuhkan Semangat Belajr Peserta Didik di MTsN 2 Banda Aceh)
Indri Yuli Wardewi, 160206046, FTK, MPI, 082366906676.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya semangat belajar peserta didik adalah faktor lingkungan peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan lingkungan sekolah/madrasah yang efektif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi lingkungan madrasah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, subjek penelitian adalah kepala sekolah, satu orang guru koordinator lingkungan, satu orang petugas kebersihan, dan dua orang peserta didik. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perencanaan lingkungan madrasah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik dilakukan dengan mengamati lingkungan sekolah oleh koordinator dilanjutkan dengan penentuan jadwal pelaksanaan, tujuan, sumber dana, dan sistem evaluasi. Kedua, implementasi lingkungan madrasah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik dilakukan dengan, penerapan tujuan, penerapan tangung jawab, waktu kegiatan, pengelolaan dana, sistem pelaksanaan dan penerapan sistem evaluasi. Ketiga, monitoring dan evaluasi lingkungan madrasah dalam menumbuhkan semangat belajar peserta didik dilakukan dengan evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi hasil. Dengan demikian dapat disimpulkan jika pengelolaan lingkungan madrasah dilaksanakan dengan baik maka dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Mumtazul Fikri, MA. Pembimbing II : Lailatusa’adah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Lingkungan Sekolah, Semangat Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indri Yuli Wardewi
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:13
Last Modified: 08 Feb 2021 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item
View Item