Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTsN 4 Banda Aceh

Futri Sutri Ulfa, 150213005 (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter TerhadapMotivasi Belajar Siswa di MTsN 4 Banda Aceh]
Preview
Text (Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter TerhadapMotivasi Belajar Siswa di MTsN 4 Banda Aceh)
Futri Sutri Ulfa, 150213005, FTK, BK, 085244856302.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pola asuh orang tua otoriter adalah pola asuh yang menekankan segala aturan orang tua harus ditaati oleh anak. Orang tualah yang memberikan tugas dan dan menentukan berbagai aturan sehingga anak lebih patuh dan tunduk atas peaturan. Motivasi belajar adalah kecendrungan anak dalam melakukan kegiatan belajar yang didorong diri sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian adalah seberapa besar pengaruh pola asuh Orang tua Otoriter terhadap Motivasi Belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi pada penelitian seluruh siswa/i kelas IX di MTsN 4 Banda Aceh yang terdapat setiap kelas, sedangkan sampel berjumlah 23 orang siswa/i, dengan metode Purposive sampling, Pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Likert. Teknik analisis data dengan menggunakan program SPSS. Versi.20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 4 Banda Aceh berdasarkan r hasil atau person correlation sebesar 0,654 menunjukan di interval korelasi sempurna. R hitung (0,654) > R tabel (0,413). Dengan hasil tersebut terdapat pengaruh pola asuh otoriter terhadap motivasi belajar. hasil perhitungan koefisien determinasi atau R Square pola asuh orang tua otoriter memberikan kontribusi terhadap kenaikan motivasi belajar sebesar 42,8%. Hal ini menujukan besarnya kenaikan motivasi belajar di MTsN 4 Banda Aceh. nilai signifikan 0,000, dibandingkan dengan taraf signifikannya 0,05 (5%) nilai signifikan lebih lebih kecil dari 0,05(%) Berdasarkan hasil perhitungan, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua otoriter terhadap motivasi belajar Siwa di MTsN 4 Banda Aceh sebesar 42,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Chairan M.Nur, M.Ag Pembimbing II : Muslima, M,Ed
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua Otoriter, Motivasi Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Futri Sutri Ulfa
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:40
Last Modified: 28 Jan 2021 07:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15587

Actions (login required)

View Item
View Item