Efektivitas Dana Program Keluarga Harapan Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan Di Aceh Barat Daya (Studi Pada Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng)

Lisa Nurhidayati, 160604061 (2020) Efektivitas Dana Program Keluarga Harapan Dalam Menurunkan Angka Kemiskinan Di Aceh Barat Daya (Studi Pada Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas  Dana Program Keluarga Harapan Dalam Menurunkan Angka]
Preview
Text (Efektivitas Dana Program Keluarga Harapan Dalam Menurunkan Angka)
Lisa Nurhidayati, 160604061, FEBI, IE, 082311913287.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kebijakan pemerintah berupa program keluarga harapan serta penulis mengetahui keefektivitas program keluarga harapan dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di Aceh Barat Daya ( Studi Pada Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng). Metode penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, adapun lokasi penelitian di Kabupaten Aceh Barat Daya,Kecamatan Manggeng, khususnya di desa Pante Pirak, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa Program Keluarga Harapan dalam menurunkan angka kemiskinan di Aceh Barat Daya ( Studi Pada Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng) tidak efektif dilihat dari indikator yang dikemukakan oleh Sutrisno yaitu pemahaman Program, Tepat Sasaran, Tepat Waktu, Tercapainya Tujuan dan Perubahan Nyata. Terdapat tiga faktor yang menghambat keefektifan dari Program Keluarga Harapan yaitu: 1) Database penerima bantuan dana PKH tidak selalu di perbaharui sehingga menyebabkan bantuan dana PKH kurang tepat sasaran, 2) Waktu pencairan dana PKH belum berjalan dengan baik, karena laporan dari pendamping kepusat sering mengalami keterlambatan, Sehingga pihak bank juga mengalami keterlambatan dalam mencairkan bantuan dana PKH, 3) Mengenai indikator perubahan nyata terhadap peserta PKH belum sepenuhnya efektif, karena disebabkan skanario bantuan dan besaran bantuan dirasakan belum adil bagi masing-masing peserta program keluarga harapan dengan jumlah keanggotaan keluarga yang beragam. Selain itu juga tingkat kemiskinan di Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng tidak mengalami menurunan angka kemiskinannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Hafas Furqani, M., Ec 2.Yulindawati, SE.,MM
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program Keluarga Harapan, Kemiskinan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Lisa Nurhidayanti
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:11
Last Modified: 28 Jan 2021 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15589

Actions (login required)

View Item
View Item