Mekanisme Penyaluran Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng

Suwaibah, 160601108 (2019) Mekanisme Penyaluran Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng. Diploma thesis, UIN AR-RANIRY.

[thumbnail of Mekanisme Penyaluran Pembiayaan Usaha  		Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng]
Preview
Text (Mekanisme Penyaluran Pembiayaan Usaha Mikro Dengan Jaminan Sertifikat Tanah pada PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng)
Suwaibah, 160601108, FEBI, D3 PS, 082242384590 .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng yang beralamat di jalan T. Iskandar, Ulee Kareng, Banda Aceh. Pengadaian syariah adalah hubungan hukum antara satu orang atau lebih dengan kesepakatan yang mengikat kedua pihak, disatu pihak rahin bersedia menyerahkan barang untuk ditahan oleh murtahin dan membayar biaya perawatan dan sewa tempat penyimpanan, sedangkan pihak murtahin bersedia memberikan pinjaman uang tertentu sebesar nilai taksir barang. Tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik (LKP) ini adalah untuk mengetahui mekanisme penyaluran pembiayaan usaha mikro dengan jaminan sertifikat tanah pada PT. Pegadaian Syariah UPS. Ulee Kareng. Dengan adanya produk baru ini masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan pembiayaan, calon nasabah bisa mengajukan berkas ke pegadaian, dengan ketentuan sertifikat tanah atas nama sendiri dan melengkapi persyaratan lain. Calon nasabah mengajukan berkas ke pegadaian yang telah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang telah ditentukan, kemudian pihak pegadaian memeriksa kelengkapan berkas calon nasabah tersebut, dan pihak pegadaian menghubungi tim survey untuk mengsurvey argunan calon nasabah tersebut. Biasanya proses pencairan dana paling cepat 3 (tiga) hari atau paling telat 7 (tujuh) hari setelah nasabah mengajukan berkas ke pegadaian. Untuk menghindari dari tunggakan macet sebaiknya pihak pegadaian mengecek terlebih dahulu penghasilan nasabah perbulan dan harus selalu menjaga komunikasi dengan nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Nevi Hasnita, S.Ag., M.Ag Pembimbing II : Evriyenni, SE., M.Si
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.225 Rahm (Pegadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Suwaibah Suwaibah
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:21
Last Modified: 29 Jan 2021 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item
View Item